Rabu, 14 November 2018 01:38 WIB
pmk

Nasional

Angkatan Darat Singapura dan TNI AD Komitmen Kerjasama Bilateral Militer

Redaktur: Redjo Prahananda

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono saat menerima kunjungan kehormatan Kasad Singapura Brigadir Jenderal Goh Si Hou di Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Kamis (23/8/2018). TNI AD for Indopos

INDOPOS.CO.ID - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono mengapresiasi hubungan baik dan kerja sama yang selama ini telah terjalin antara TNI AD dan AD Singapura.

"TNI AD senantiasa berkomitmen untuk mengembangkan dan meningkatkan kerja sama bilateral di berbagai bidang, khususnya dalam bidang pendidikan, latihan, kunjungan dan pertukaran personel," kata Mulyono saat menerima kunjungan kehormatan Kasad Singapura Brigadir Jenderal Goh Si Hou di Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Kamis (23/8/2018).

Mulyono juga mengapresiasi terselenggaranya Army Interaction Games yang rutin dilaksanakan antar kedua negara tersebut. Kegiatan ini, menurutnya, berguna untuk membangun hubungan profesional dan personal bagi masing-masing perwira tinggi angkatan darat dalam rangka mendukung kelancaran kerja sama kedua belah pihak. 

Soal bidang latihan bersama tahun  2018, Mulyono juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Latma Chandrapura pada bulan Juli 2018 yang telah berjalan dengan baik, aman dan lancar. 

“Kami berharap Latma Safkar Indopura pada bulan November 2018 nanti juga akan berjalan sesuai dengan rencana dan harapan. Diyakini kegiatan Latma tersebut akan membawa manfaat positif terutama dalam mewujudkan interoperabilitas dan profesionalisme prajurit kedua Angkatan Darat," ujar Mulyono. 

Selain pada bidang latihan bersama, TNI AD juga menyelenggarakan kerja sama bilateral di bidang pendidikan meliputi pengiriman personel TNI AD untuk mengikuti pendidikan di Singapura, yaitu Command and Staff Course (setingkat Seskoad), Company Tactics Course (CTC), Advanced Infantry Officers Course/ 6 AIOC (setingkat Diklapa II Infanteri), Basic Intelligence Officers Course (BIOC), Advanced Trauma Life Support Course, Unit Logistics Officers Course, Unit Manpower Operations Course, Video Production Course, dan English Language Course. 

Sedangkan AD Singapura mengirimkan personel untuk mengikuti pendidikan Dikreg Seskoad dan Diklapa II Infanteri di Indonesia. Kedua Angkatan Darat juga melaksanakan pertukaran kunjungan personel staf Seskoad serta staf pengajar dan taruna Akademi Militer. 

TNI AD sepenuhnya meyakini bahwa kerja sama militer dengan AD Singapura  akan membawa manfaat yang besar bagi kemajuan kedua angkatan darat, khususnya profesionalisme prajurit. Untuk itu, diharapkan agar cakupan kerja sama militer ke depan harus ditingkatkan baik secara kuantitas maupun kualitas.  

Dalam konteks hubungan multilateral, TNI AD memandang bahwa tantangan dan ancaman di tingkat regional dan global tidak dapat dihadapi sendiri. Dibutuhkan kerja sama yang solid antara Angkatan Darat di Asia Tenggara dan negara-negara sekitarnya serta dengan institusi non-militer baik di lingkup ASEAN maupun organisasi internasional lainnya.

Di akhir pertemuannya dengan Goh Si Hou, Mulyono berharap agar hubungan dan kerja sama yang telah terbina antara kedua angkatan darat akan semakin erat, dilandasi dengan keyakinan mampu berkontribusi aktif mewujudkan perdamaian dan stabilitas keamanan di kawasan Asia Tenggara.

Pada kesempatan tersebut, Goh Si Hou juga berharap yang sama, agar jalinan kerja sama kedua negara terutama di bidang militer dapat terjalin dengan baik dan diteruskan. 

Pada kunjungan kehormatannya tersebut, Goh Si Hou didampingi oleh Komandan Korps Kavaleri  Brigjen Yew Chee Leung, Asisten bidang latihan Colonel Chua Jin Kiet, Atase Darat Kedubes Singapura Colonel Tan Yong Kim Gene. (ydh)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #tni-ad #tni #kasad-jenderal-tni-mulyono 

Berita Terkait

Salut untuk TNI

Headline

TNI Dilarang Terjun Politik Praktis

Nasional

Peran TNI dalam Bantuan Bencana Alam Diapresiasi

Nasional

IKLAN