Rabu, 21 November 2018 09:32 WIB
pmk

Indobisnis

Dukung Program Sejuta Rumah, Himperra Targetkan Bangun 120 Ribu Rumah

Redaktur: Redjo Prahananda

Ketua Umum Himperra, Endang Kawidjaja. Himperra fokus bantu program sejuta rumah

INDOPOS.CO.ID - Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) mendukung program sejuta rumah yang digulirkan Presiden Jokowi. Pada tahun 2018, Himperra menargetkan dapat berkontribusi membangun 100 hingga 120 ribu rumah untuk memenuhi target 1 juta rumah.

"Kami optimistis dapat berkontribusi membangun 100 hingga 120 ribu rumah," ujar Ketua Umum Himperra, Endang Kawidjaja, di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Sabtu (25/8/2018).

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya fokus membangun perumahan subsidi dan non subsidi. Serta mendukung program pemerintah 1 juta rumah. Pada tahun 2016, ada sekitar 52 ribu yang dibangun. Pada 2017 jumlahnya naik menjadi sekitar 60-66 ribu rumah subsidi.

Sementara itu,Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani mengatakan pihaknya berharap banyak dari Himperra untuk membantu program sejuta rumah yang digulirkan pemerintahan Jokowi. Apalagi saat ini kekuranhan perumahan mencapai 11,5 juta pemukiman. Dan target pemerintah 1 juta rumah setiap tahunnya, perlu koordinasi dan sinergi semua pihak.

"Bagaimana kita terus mengadakan perumahan yang memang masih banyak dibutuhkan masyaralkat.

Pengembang pemukiman bersubsidi harusnya dapat suku bunga rendah. Dengan adanya dukungan perbankan dapat diberikan suku bunga rendah dan insentif-insentif," ujarnya.

Sementara itu, Seketaris Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Dadang Rukmana mengatakan, pihaknya memberikan dukungan kepada Himperra karena menjadi salah satu asosiasi yang akan mendukung tugas negara dalam menyediakan perumahan dan pemukiman buat masyarakat.

"Kementerian PUPR memandang Himperra sebagai mitra strategis dan juga mendukung tugas negara dalam penyediaan rumah," ujarnya, Sabtu (25/8/2018).

Buktinya kata Dadangh, deklarasi Himperra di gelar di aula SDA Kementerian PUPR. Ia juga mengapresiasi deklarasi Himperra yang bertepatan dengan Hari Perumahan Nasional.

"Supaya seluruh masyarakat memililki hunian yang layak. Itu yang dicetukan Bung Hatta, 68 tahun lalu. Kami apresiasi Himperra yang mendukung program perumahan nasional. Salah satunya program sejuta rumah.

Saat ini hampir 600 ribu. Himperra bisa menjadi penggerak supaya tahun ini tercapai 1 juta rumah," pungkasnya. (dai)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dukung-program-sejuta-rumah #himperra #endang-kawidjaja 

Berita Terkait

Himperra Gagas Proses Perizinan Rumah Subsidi

Nasional

Himperra Gagas Proses Perizinan Rumah Subsidi

Nasional

IKLAN