Rabu, 21 November 2018 09:15 WIB
pmk

Hukum

Tiba di KPK, Mantan Anggota DPRD Sumut Bungkam

Redaktur:

Mantan Anggota DPRD Sumatera Utara, Musdalifah (MDH) tiba di Gedung Merah-Putih (KPK). Foto: Akbar/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Tersangka kasus suap persetujuan laporan pertanggungjawaban Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk Tahun Anggaran 2012-2014 oleh DPRD Sumatera Utara (Sumut), Musdalifah (MDH) tiba di Gedung Merah-Putih (KPK) sekitar pukul 11.04 WIB.

Musdalifah datang dengan menggunakan kemeja coklat, celana bahan hitam, saat tiba di KPK Musdalifah tidak melontarkan satu patah katapun kepada awak media, ia langsung masuk ke Gedung KPK untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sebelumnya KPK sudah melakukan pemanggilan kepada Musdalifah sebanyak dua kali. Namun yang bersangkutan mangkir dalam pemanggilan KPK dan tidak ada pernyataan apapun dari yang bersangkutan atas ketidakhadiran dirinya.

“KPK memutuskan melakukan penangkapan terhadap tersangka MDH (Musdalifah) kemarin (Minggu,26/8/2018), karena tidak hadir dalam pemanggilan KPK tanpa alasan yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Jakarta, Senin (27/8/2018).

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan 38 orang tersangka. Selama proses penyidikan, ada lebih dari 200 saksi yang telah menjalani pemeriksaan oleh penyidik.

Suap untuk ke-38 anggota DPRD Sumut itu terkait persetujuan laporan pertanggungjawaban Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk Tahun Anggaran 2012-2014 oleh DPRD sumut, Persetujuan Perubahan APBD Provinsi Sumut Tahun 2013-2014 oleh DPRD Sumut.

Kemudian, terkait pengesahan APBD tahun anggaran 2014-2015 dan penolakan penggunaan hak interpelasi anggota DPRD Sumut pada 2015.

Para anggota dewan itu diduga menerima suap berupa hadiah atau janji dari mantan Gubernur Provinsi Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho.

Dugaan fee dari Gatot untuk masing-masing anggota DPRD Sumut itu berkisar Rp 300 juta sampai Rp 350 juta. (cr-1)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #kpk #febri-diansyah #anggota-dprd-sumut-musdalifah #suap-gubernur-sumut 

Berita Terkait

IKLAN