Jumat, 21 September 2018 05:16 WIB
pmk

Hukum

KPK: Setnov Tahu Proyek PLTU Riau-1

Redaktur:

Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif (Kemeja Putih, Tengah) saat konferensi pers, di Gedung Merah-Putih (KPK), Jakarta, Senin (27/8/2018). Foto: Akbar/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga mantan Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) memiliki pengetahuan tentang kasus dugaan suap proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Riau-1.

Saat ini kasus tersebut sudah menyeret tiga nama sebagai tersangka, yaitu politikus Partai Golkar Eni Maulani Saragih, mantan menteri sosial Idrus Marham, dan pemegang saham Blackgold, Johannes Budisutrisno Kotjo.

Dalam konferensi pers, Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengatakan, hal itu berdasarkan keterangan awal atau informasi awal yang diperoleh penyidik. 'Pak Setya Novanto dianggap mengetahui tentang proyek ini,” ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarif, Jakarta, Senin (27/8/2018).

Setnov kembali menjalani pemeriksaan KPK hari ini. Dia diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1 yang menyeret sahabat setianya, Idrus Marham.

KPK masih menelusuri aliran dana dari para tersangka dalam kasus dugaan suap tersebut, termasuk pertemuan-pertemuan yang berkaitan dengan proyek proyek PLTU Riau-1. Juru Bicara KPK Febri Diansyah menuturkan,”Setnov hari ini diperiksa dalam kapasitasnya sebagai mantan ketua DPR sekaligus pengurus partai Golkar,”imbuh Febri

Lanjut Febri, Jadi ada dua kapasitas itu. Meskipun saat ini penyidik lebih fokus pada apa yang diketahui oleh saksi SN (Setya Novanto) terkait dengan PLTU Riau-1, pengetahuan ini apakah terkait proyeknya, apakah terkait pertemuannya saya belum dapat informasi karena hari ini baru proses pemeriksaan perdana di kasus ini.

Dalam waktu dekat ini KPK berencana memanggil sejumlah saksi penting lainnya untuk menuntaskan kasus PLTU Riau-1.

Setnov diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Idrus Marham. Tidak hanya Setnov, anak kandungnga yakni Rheza Herwindo juga turut diperiksa. Rheza diperiksa dalam kapasitasnya sebagai Komisaris PT Skydweller Indonesia Mandiri. (cr-1)


TOPIK BERITA TERKAIT: #setya-novanto #kpk #korupsi 

Berita Terkait

IKLAN