Nusantara

Hiu Tutul Terdampar di Pantai Parangkusumo

Redaktur: Redjo Prahananda
Hiu Tutul Terdampar di Pantai Parangkusumo - Nusantara

Hiu Tutul yang ditemukan terdampar di Pantai Parangkusumo Bantul. (dok SAR Parangtritis)

INDOPOS.CO.ID - Seekor ikan hiu tutul terdampar di Pantai Parangkusumo Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Belum diketahui secara jelas penyebabnya. Tim Search and Rescue (SAR) masih menunggu pemeriksaan lebih lanjut terkait temuan ini.

Komandan SAR Linmas Parangtritis Bantul Ali Sutanto mengatakan, ikan hiu tutul sepanjang 4 meter itu ditemukan warga pada Senin pagi (27/8/2018).

"Ketika ditemukan masih dalam kondisi hidup, tapi kemudian mati," kata Ali di Yokyakarta, Senin (27/8/2018).

Saat ini, bangkai hiu masih berada di tepi pantai tak jauh dari lokasi temuan. Tim SAR menunggu keputusan pihak berwenang akan diapakan ke depannya. "Belum tahu, ini masih menunggu dari dinas," katanya.

Temuan hiu tutul ini menarik perhatian warga. Mereka penasaran dan melihat langsung kondisi hewan langka tersebut. Para warga yang datang diimbau untuk tetap berhati-hati ketika melihatnya. Karena ombak laut masih tergolong tinggi. "Jadi tontonan, ramai sekarang," ucapnya.

Hiu tutul ini menambah panjang daftar hewan laut yang terdampar dan mati di pesisir pantai DIY. Sebelumnya pada Rabu  (22/8) lalu, bangkai penyu laut ditemukan di Pantai Sepanjang Kabupaten Gunungkidul.

Bangkai penyu yang hampir membusuk itu berukuran sekitar 40 sentimeter dengan bobot 30 kilogram. Kemudian pada Maret 2018 lalu juga ditemukan kura-kura laut mati di Pantai Krakal Kabupaten Gunungkidul.

Sempat juga ditemukan seekor ikan lumba-lumba berjenis hidung botol dengan panjang sekitar 2 meter terdampar di Pantai Trisik Kabupaten Kulon Progo pada  Senin (6/8). Karena sudah menjadi bangkai, hewan bernama latin Tursiops truncatus itupun dikuburkan. (dho/jpc/ind)

TAGS

Berita Terkait

Megapolitan / Bocah Tewas Terseret Arus Sungai Cileungsi

Jakarta Raya / Rumah Kos Terbakar

Internasional / Remaja 16 Tahun Tikam Pegawai Gereja

Jakarta Raya / Puluhan Rumah Terbakar

Internasional / Eksperimen Gagal, Tiga Mahasiswa Tewas

Internasional / Bocah Guatemala Meninggal Ditahan Amerika Serikat


Baca Juga !.