Jumat, 16 November 2018 12:49 WIB
pmk

Liga Inggris

Manchester United vs Tottenham Hotspur, Kunci Nasib Mourinho

Redaktur:

Jose Mourinho. GETTY IMAGES

INDOPOS.CO.ID – Pelatih Manchester United Jose Mourinho menghadapi tekanan super besar. Kekalahan 2-3 oleh Brighton & Hove Albion, Minggu (19/8) lalu, membawa Mourinho santer diberitakan dekat dengan pintu keluar United.

Matchweek ketiga United melawan Tottenham Hotspur dini hari nanti (28/8) di Old Trafford diyakini menjadi kunci nasib Mourinho bersama United. Walau sesungguhnya pelatih dengan koleksi dua trofi Liga Champions itu memiliki ikatan kerja dengan United sampai 2020 (siaran langsung beIN Sports 1 pukul 02.00).

Rekrutan anyar United musim ini Fred kepada ESPN kemarin (26/8) mengatakan kalau kondisi ruang ganti United kondusif. Hanya media terlalu membesar-besarkan dampak dari kekalahan United di matchweek lalu.

“Dari apa yang saya lihat sejak pertama kali datang, tak ada satu pun yang memiliki masalah dan hal ini sangat bertolak belakangan dengan yang disebutkan. Semua ingin membantu satu sama lainnya,” kata Fred.

Boleh saja Fred berkata demikian, akan tetapi Mourinho memang menghadapi situasi-situasi yang membuat kursi kepelatihannya digoyang. 'Pemberontakan' oleh sang bintang Paul Pogba, gagal merekrut pemain bertahan pada bursa transfer musim panas, kemudian lini serang yang kurang menggigit.

Persoalan Mourinho dengan Pogba terus memburuk sejak pertengahan musim lalu. Pria asal Setubal Portugal mengkritik keras performa pemain timnas Prancis yang tidak sesuai banderol yang dibawanya. Sebaliknya Pogba 'membungkam' Mourinho dengan menjadi salah satu figur sentral Prancis menjadi juara dunia 2018 Rusia.

Manchester Evening News kemarin (26/8) menulis kalau hubungan Pogba dan Mourinho itu harus diperbaiki. Salah satunya adalah sikap respek antara satu dengan yang lain.

Nah, kombinasi bek tengah United Eric Bailly dan Victor Lindelof juga menjadi sorotan ketika kalah oleh Brighton. Bailly membuat eror yang membuatnya dikritik habis-habisan oleh mantan bek United Gary Neville. Neville menyebutkan duet bek 'hijau' yang umurnya sama, 24 tahun, di jantung pertahanan United merupakan satu kerugian.

Pekan lalu, Lindelof menjadi biang kerok atas gol pertama Brighton yang dicetak Glenn Murray. Penempatan posisi bek Swedia itu tak pas sehingga Murray pun menjebol gawang David de Gea. Sementara Bailly yang melakukan pelanggaran kepada gelandang Brighton Pascal Gross di akhir babak pertama membuat wasit Kevin Friend menghadiahi penalti.

Dengan daftar kelalaian oleh Bailly dan Lindelof ini, Mourinho pun diperkirakan akan menggeser salah satu di antara keduanya. Adanya Chris Smalling bisa menjadi opsi untuk lini belakang United.

Selain itu, Sportskeeda menuliskan mengganti formasi dari 4-3-3 menjadi 3-5-2 merupakan opsi yang juga menarik. United pada pramusim di Amerika Serikat pernah menjajal format tiga bek.

Dan ingat ketika mengalahkan Spurs musim 2017-2018 (28 Oktober 2017 di Old Trafford), pelatih 55 tahun itu memakai formasi 3-5-2.

Dalam preskon Jumat (24/8) lalu Mourinho tak berminat meladeni isu soal relasinya yang buruk dengan Pogba dan Executive Vice-chairman Ed Woodward. “Jangan tanya saya karena saya tak mendengar, membaca, dan apa yang akan hadir di televisi dengan kondisi tim saya,” tutur Mourinho seperti diberitakan The Independent.

Kalau ingin menyelamatkan diri dari pemecatan, Mourinho juga wajib memberikan perbaikan pada sektor penyerangan. Sejauh ini performa lini depan United kurang trengginas. Romelu Lukaku dan Marcus Rashford belum kembali 100 persen pasca tampil di Piala Dunia. Sedang Anthony Martial bermain setengah hati pasca tindakan indisipliner pasca meninggalkan pusat latihan United di AS bulan lalu.

Solusi lini depan United ini bisa datang dari Alexis Sanchez. Alexis didrop dalam daftar pemain yang tampil di Brighton dan Alexis sangat besar peluangnya main di laga besar lawan Spurs dini hari nanti (28/8).

Di sisi lain, kapan hari-H pemecatan Mourinho ? Beberapa pundit menyebutkan ketika United kalah lawan Spurs (28/8). Tapi bisa juga ketika kalah lawan Burnley (2/9) mendatang. Nama eks pelatih Real Zinedine Zidane masuk daftar sebagai suksesor Mourinho. (dra/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #manchester-united #tottenham-hotspur 

Berita Terkait

Terima Kasih, Alvarez

Liga Champions

Abaikan Aksi Songong Mou

Liga Champions

Poche Tergantung dari Wembley

Total Football

Pogba Janji Evaluasi Diri

Liga Inggris

Fans The Red Devils Penasaran dengan Tas Putih Paul Pogba

Liga Champions

CR7 Bikin Fans Setan Merah Lupakan Kekalahan

Liga Champions

IKLAN