Minggu, 18 November 2018 07:06 WIB
pmk

Internasional

Senator John McCain Meninggal Dunia

Redaktur:

John McCain semasa hidup. Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Dua hari lagi John McCain akan berumur 82 tahun. Namun, senator Partai Republik AS itu tak mampu bertahan. Dia menyerah pada glioblastoma, kanker yang menyerang otaknya pada pertengahan 2017. Bendera setengah tiang pun berdiri di gedung-gedung pemerintahan Negeri Paman Sam.

McCain memang tak ingin penderitaannya diperpanjang. Pada Jumat (24/8) dia memutuskan tak mau lagi menjalani pengobatan kanker. Sehari kemudian, pahlawan AS di Perang Vietnam itu dinyatakan meninggal dunia di kampung halamannya, Phoenix, Arizona. ”Dia sudah melewati batas harapan hidupnya,” ujar keluarga McCain melalui Reuters.

Jenazah dedengkot Partai Republik itu disemayamkan selama beberapa hari sebelum pemakaman. Tubuh tersebut juga akan disemayamkan di aula Gedung Capitol di Washinton DC. Setelah itu, pemerintah AS mengadakan prosesi pemakaman di Katedral Nasional Washington. Pemakaman tersebut akan dihadiri Wapres Mike Pence.

Trump memang tak hadir. Sesuai wasiat McCain kepada keluarganya, Trump memang tak diundang. Karena itu, Trump hanya menyampaikan belasungkawa lewat Twitter. Meski sama-sama dari Partai Republik, Trump dan McCain memang tak terlalu akur. Trump bahkan pernah menuding McCain bukan pahlawan. ”Dia jadi pahlawan hanya karena tertangkap musuh. Saya mau pahlawan yang tidak pernah tertangkap,” kata Trump pada 2015. Ucapan itu meluncur karena McCain mengkritik kebijakan Trump soal imigran Meksiko saat kampanye presiden.

Pada 1967 McCain memang ditangkap tentara Vietnam. Pesawatnya ditembak jatuh. Dia lantas ditahan di Hanoi Hilton, sebutan untuk Hoa Lo, penjara paling gede di Hanoi ketika itu. Bahkan, sampai sekarang baju dan helm pilot milik McCain masih dipajang di penjara yang sudah jadi museum itu.

McCain merupakan pria dengan prinsip kuat. Dia percaya bahwa AS harus menjadi lentera kebebasan. Semua warga dunia bisa berlindung. Itu pula yang selalu diwejangkannya kepada rekan partainya. (bil/c10/dos/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #amerika-serikat 

Berita Terkait

Pemilih Pemula Tak Mau Golput

Internasional

AS Yakin Dalam 180 Hari Iran Hancur

Internasional

Pesawat Siluman AS Mendarat Darurat

Internasional

IKLAN