Kamis, 15 November 2018 09:25 WIB
pmk

Banten Raya

WH Gandeng Ansor di Pendidikan Gratis

Redaktur:

Gubernur Banten Wahidin Halim. Foto. Jawapos

INDOPOS.CO.ID - Gubernur Banten Wahidin Halim meminta kepada GP Ansor dan Banser (Bantuan Serba Guna) Nahdatul Ulama untuk mendukung program pendidikan gratis yang dicanangkan oleh Pemprov Banten. Untuk itu,Gubernur yang akrab disapa WH ini berjanji akan membantu GP Ansor dan Banser dengan dana pribadi Gubernur, bukan dana yang berasal dari hibah Pemprov Banten.

"Tidak perlu pakai hibah-hibah segala,  langsung saja minta ke saya,  Insya Allah saya sanggup, yang penting Banser dan Ansor bantu dan dukung pembangunan yang diprogramkan oleh Pemprov, salah satunya pendidikan gratis," ujar WH pada acara Apel Kebangsaan 4.444 anggota Banser dan Ansor, dan pelantikan Pimpinan Wilayah dan Pelantikan Pimpinan Cabang GP Ansor se Provinsi Banten.

Selain itu WH mengatakan, hal paling monumental saat ini adalah Pemprov Banten sedang membangun Banten Lama dan hingga saat ini Pemprov Banten sudah membebaskan lahan seluas 1,2 hektare. Mulai dari penataan para pedagang, untuk mengembalikan lagi kejayaan Sultan Banten dengan anggaran mencapai Rp 250 Milyar.

“Banten Lama mengandung banyak makna dan sarat dengan perjuangan. Baik perjuangan pembebasan Kemerdekaan RI, dan sarat juga dengan perjuangan dalam rangka membangun pendidikan dan agama,” ujar Gubernur.

Dikatakan simbol Banten itu adalah Banten Lama, oleh sebab itu perlu dilakukan revitalisasi karena menjadi harapan masyarakat, selain itu sejalan dengan semangat Ansor sendiri. WH mengaku bangga terhadap Ansor yang berani melawan ideologi dari luar seperti komunis. Itu sebabnya, Gubernur ingin bersama-sama Ansor dan Banser menjaga Banten dari berbagai ancaman dari luar.

Dalam kesempatan tersebut, WH juga  meminta kepada para Kyai untuk mendoakan dan mendukung dalam membangun kembali kejayaan Banten. ”Saya minta kepada Kyai dan tokoh agama untuk mendoakan dan mendukung, kita bersama sama untuk mengembalikan lagi kejayaan Banten,” pinta WH.

Ketua GP Ansor Perwakilan Wilayah Banten Ahmad Nuri mengatakan, kegiatan Apel Kebangsaan ini dalam rangka meningkatkan tali persaudaraan, serta memupuk kembali rasa nasionalisme di tubuh kader muda NU, khususnya dalam merefleksikan kemerdekaan Republik Indonesia guna memperkuat NKRI dan Pancasila.

Menurutnya, sebagai penerus Generasi NU, GP Anshor dituntut untuk membantu mendorong pembangunan daerah demi kesejahteraan seluruh masyarakat. Kader Ansor harus bermanfaat bagi orang lain, dan memberikan bantuan bagi pemerintah daerah, khususnya untuk memajukan Provinsi Banten.

Siswa Swasta Dijangkau

Beberapa waktu lalu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindibud) Provinsi Banten, Engkos Kosasih kepada INDOPOS menyatakan program pendidikan gratis bagi siswa SMA/SMK Negeri di Provinsi Banten dipastikan dapat berjalan lancar menyusul telah terbitnya Pergub Banten Nomor 31 Tahun 2018 tentang pendidikan gratis tersebut.

“Pergub sudah terbit, sehingga komitmen Gubernur dan Wakil Gubernur Banten agar dapat menjalankan pendidikan gratis dapat didukung sekolah-sekolah dan komite sekolah,” cetusnya.

Menurut Engkos, kendati pendidikan gratis dijalankan, namun tetap tidak menghilangkan peran komite sekolah. Karena menurut Engkos, komite sekolah nantinya bisa mencari sumbangan pendidikan kepada masyarakat sekitar yang mampu atau ke perusahaan melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR), sehingga peran komite tetap dituntut untuk membantu dunia pendidikan di Banten.

Engkos juga menambahkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan akses pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama masyarakat yang kurang beruntung secara ekonomi. Bahkan Dinas Pendidikan Banten sudah menginstruksikan sejumlah sekolah swasta di wilayahnya menginventaris siswa kurang mampu di sekolah masing-masing.

”Kami sudah menginstruksikan para kepala sekolah swasta untuk menginventarisir para siswa miskin di sekolahnya masing-masing agar dapat menerima bantuan berupa dana belajar,” ujarnya. (yas/gin)

Terobosan Gubernur 

-    Menyosialisasikan program pendidikan gratis

-    Mengeluarkan  Pergub Banten Nomor 31 Tahun 2018

-    Menggandeng GP Ansor sukseskan pendidikan gratis

-    Siswa swasta yang tak mampu bisa dijangkau program pendidikan gratis

-    Sekolah swasta diminta inventarisir siswa kurang mampu


TOPIK BERITA TERKAIT: #pendidikan-gratis #pendidikan 

Berita Terkait

Caleg PSI Dorong Pendidikan Anti - Korupsi

Nasional

Harumkan Nama Kampus di Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi

kampus kreatif

Ilmuwan UI Diganjar Penghargaan Risetdikti 2018

kampus kreatif

Entrepreneur Week, Hasilkan Wirausaha Muda Inovatif

kampus kreatif

Ajang Kreativitas Pelajar Berkebutuhan Khusus

Jakarta Raya

Adu Skill Inggris di ETW

Jakarta Raya

IKLAN