Jumat, 21 September 2018 09:24 WIB
pmk

Depok

Gaya Hidup Semakin Bebas, Penting Ikut Tes HIV AIDS

Redaktur:

Yayasan KAKI dan Dinas Kesehatan sedang menggelar tes uji HIV AIDS di salah satu mal di Kota Depok. (Dok Yayasan KAKI)

INDOPOS.CO.ID -  Gaya hidup pergaulan bebas dan maraknya narkoba suntik membuat risiko penularan virus HIV AIDS semakin tinggi. Tak hanya kelompok berisiko yang bisa terserang virus HIV AIDS, tapi masyarakat biasa pun berpotensi. Sebab penularan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja serta oleh siapa saja.

Karena itu Yayasan Komunitas Aksi Kemanusiaan Indonesia (KAKI) Kota Depok mengkampanyekan agar masyarakat berani ikut uji tes HIV AIDS. Sebab masalah HIV AIDS adalah masalah kesehatan bukan lagi masalah perilaku sosial.

Jika isu HIV dikemas dengan baik dan benar, maka semua orang mau ikut tes HIV AIDS. Pada tahap awal, hal yang paling menyulitkan adalah Orang dengan HIV AIDS (ODHA) tak memiliki perbedaan signifikan dengan masyarakat sehat.

"Kami ajak masyarakat untuk berani ikut uji tes HIV AIDS. Dan setiap kami gelar di mal-mal pusat keramaian orang, pesertanya antusias," terang Aktivis dan Pegiat HIV dari Yayasan KAKI Kota Depok Denies Talu di Depok, Selasa (28/8).

Pihaknya juga mengusung jargon TOP yaitu Temukan, Obati, dan Pertahankan. Temukan orang-orang berisiko, obati, lalu pertahankan penderitanya agar minum obat teratur supaya bisa sehat terus tetap berdaya dan beraktivitas.

Salah satu strategi mengajak masyarakat mau mengetes HIV AIDS, Yayasan KAKI bersama Dinas Kesehatan Kota Depok sering menggelar tes di pusat perbelanjaan.

“Di mal ini salah satu terobosan, tak hanya masyarakat tapi juga komunitas. Karena menurut mereka sangat penting tau tes sedini mungkin. Apalagi saat ini prlecahan seksual di mana-mana," kata Denies.

Denies memberi tips bagi siapa saja untuk menghindari faktor risiko sperti seks bebas apalagi secara tidak aman. Selain itu maraknya pengguna jarum suntik narkoba secara bergantian juga sangat cepat penularannya.

"Bagi siapa saja yang ingin ikut tes HIV AIDS bisa hubungi kami Yayasan KAKI. Bisa menghubungi nomor  089630491649. Kami berharap jumlah peserta lebih banyak lagi,"  pungkas Denies. (ika/jpc/ind)


TOPIK BERITA TERKAIT: #hiv-aids #komunitas-aksi-kemanusiaan-indonesia 

Berita Terkait

Membantu Korban AIDS dengan Membeli Produk Apple

Internasional

IKLAN