Megapolitan

Kali Cileungsi Menghitam, Puluhan Warga Keracunan

Redaktur:
Kali Cileungsi Menghitam, Puluhan Warga Keracunan - Megapolitan

TERCEMAR-Sungai Cileungsi airnya menghitam dan mengeluarkan bau tidak sedap. Foto. sofyansyah/radar bogor/jpg

INDOPOS.CO.ID - Puluhan warga yang tinggal di sekitar bantaran Sungai Cileungsi mengalami gejala keracunan. Sebanyak 26 warga itu mengalami sesak napas, mual, muntah, hingga pusing akibat sungai yang kini berubah warga menjadi hitam pekat dan mengeluarkan bau tak sedap.

Kondisi itu menimpa warga yang tinggal di Vila Nu¬sa Indah 5, Desa Ciangsana, Ke¬ca¬matan Gunungputri, Kabupaten Bogor. Menurut Sodikujn Ketua RT05/13, kondisi air mengalami perubahan signifikan. Saat ini, katanya juga, air ber¬tam¬bah hitam pekat dan mengeluarkan aroma bau tak sesap.

Akibatnya, banyak war¬ga yang mengalami mual terutama yang tinggal dekat dengan sungai. ”Kami melaporkan yang terparah di rumah Ketua DKM Musholla Nurul Iman, Bapak Arifian. Mereka satu keluarga sesak napas, istri dan anaknya serta warga lainnya yang tinggal di sana,” katanya Kepada Radar Bogor (INDOPOS Grup), Minggu (26/8).

Atas kondisi itu, warga ber¬sama Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C) mela¬porkan kejadian ini ke Markas Polsek Gunungputri. Selama tiga hari, komunitas dan kepo¬lisian menelusuri penyebab meng-hitamnya Sungai Cileungsi.

Penelusuran Sungai Cileungsi dimulai dari hulu Jembatan PT Wika, Desa Tlajung Udik. Di sini, warna air masih tampak jernih. Sedangkan, di lokasi lain, bagian tengah Kampung Bojong, Desa Cicadas berwarna cokelat kehitaman.

”Mulainya di sini dekat hilir Jembatan Cikuda, Desa Wana¬herang warnanya hitam sangat pekat ini mengalir melintasi permukiman warga. Padahal jarak rumah warga dan sungai sekitar 50 meter,” ujar Ketua KP2C, Puarman saat meninjau lokasi.

Selain Kepolisian, kata Puar¬man, KP2C juga akan melapor¬kan kejadian ini ke Dinas Ling¬kungan Hidup (DLH) Kabupa¬ten Bogor. Menurutnya, pence¬ma¬ran sungai ini sudah sangat mengganggu aktivitas warga. (don/c/jpc)

Berita Terkait

Megapolitan / Tercemar Logam, Air Kali Bekasi Tak Layak Konsumsi

Nusantara / 30 Perusahaan Cemari Sungai di Surabaya

Nasional / DPR Telusuri Perusahaan Perusak Lingkungan

Megapolitan / Sering Tercemar, Air Kali Bekasi Berbahaya


Baca Juga !.