Senin, 24 September 2018 04:51 WIB
pmk

Kesehatan

Kenali Gejala Sakit Kepala Es Krim dan Solusi Mengatasinya

Redaktur: Ali Rahman

ilustrasi sakit kepala es krim (laman care2)

INDOPOS.CO.ID - Sakit kepala es krim terjadi secara singkat. Menyerang kepala saat Anda makan atau minum sesuatu yang dingin, seperti Ice Pops, minuman cair yang beku, dan es krim yang dapat memberikan efek “brain freeze”. Secara resmi dikenal sebagai sakit kepala stimulus dingin.

Sakit kepala ini juga bisa terjadi ketika Anda tiba-tiba memaparkan kepala yang tidak terlindung ke suhu dingin, seperti menyelam ke dalam air dingin.

Tapi ada kabar baik. Kebanyakan sakit kepala es krim bisa hilang secepat yang mereka kembangkan.

Berikut ini beberapa gejala sakit kepala es krim, seperti dilansir laman MSN.

1. Rasa sakit yang tajam di dahi

2. Rasa sakit yang memuncak sekitar 20 hingga 60 detik setelah itu dimulai dan hilang dalam waktu yang hampir bersamaan.

3. Nyeri yang jarang berlangsung lebih dari lima menit.

4. Karena sakit kepala es krim hilang dengan sendirinya segera setelah mereka mulai, maka Anda tidak perlu ke dokter.

Sakit kepala es krim disebabkan oleh bahan dingin yang bergerak melintasi atap yang hangat dari mulut dan bagian belakang tenggorokan Anda. Seperti ketika Anda makan es krim dengan cepat atau meneguk minuman dingin.

Namun para ilmuwan masih tidak yakin tentang mekanisme pasti yang menyebabkan rasa sakit ini. Sebuah teori mengatakan makanan atau minuman dingin secara sementara mengubah aliran darah di sistem saraf Anda dan menyebabkan sakit kepala singkat. Pembuluh darah menyempit untuk mencegah hilangnya panas tubuh dan kemudian rileks lagi untuk membiarkan aliran darah naik. Sehingga menghasilkan ledakan rasa sakit yang kemudian mereda setelah tubuh beradaptasi dengan perubahan suhu.

Sakit kepala es krim bisa menyerang siapa saja. Tetapi Anda mungkin lebih rentan terhadap sakit kepala es krim atau sakit kepala es krim yang lebih parah jika Anda rentan terhadap migrain.

Sakit kepala es krim tidak perlu perawatan. Biasanya, rasa sakit cepat hilang setelah makanan atau minuman dingin ditelan.

Untuk membantu mencegah sakit kepala es krim, cobalah makan makanan dingin dan minum minuman dingin secara perlahan. Cara terbaik untuk menghindari sakit kepala es krim adalah dengan menghindari makanan dingin atau minuman yang menyebabkannya. (fny/ind/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #sakit-kepala-es-krim #kesehatan 

Berita Terkait

Lawan Stigma dengan Lari Marathon

Lifestyle

Sunglasses Tangkal Katarak Dini

Kesehatan

Seksi Sixpack Tanpa Sit Up

Kesehatan

Ketua MUI : Vaksin MR Wajib

Nasional

Lasik, Tindakan Cepat Persiapan Lama

Kesehatan

IKLAN