Minggu, 18 November 2018 04:46 WIB
pmk

Kesehatan

Buah Nangka Bisa Sebabkan Keguguran?

Redaktur: Redjo Prahananda

Buah nangka (youtube)

INDOPOS.CO.ID - Buah nangka disebut-sebut bisa menyebabkan ibu yang sedang hamil mengalami keguguran. Benarkah?

Berdasarkan situs kesehatan Baby Center, buah nangka tidak berpotensi menyebabkan keguguran. Jadi, Anda tak perlu cemas saat mengonsumsinya.

Buah nangka sebagai sumber vitamin A sangat berguna untuk membantu produksi sel, membuat penglihatan bayi lebih baik, serta mendukung perkembangan janin selama kehamilan.

Selain itu, zat niacin (vitamin B3) di dalamnya juga membantu mengatur hormon, meningkatkan kekebalan, dan mengontrol tingkat stres.

Menurut dr Nitish Basant Adnani BMedsc dari KlikDokter, hingga kini memang belum ada penelitian ilmiah yang menyebutkan dampak dari mengonsumsi buah nangka pada ibu hamil. Meski begitu, cara terbaik untuk menjaga kehamilan tetap sehat adalah dengan menghindarinya.

“Buah nangka mengandung gas, glukosa, kolesterol, dan alokohol. Berbagai kandungan tersebut dapat membuat Ibu hamil merasa kembung, sehingga dapat memicu kontraksi, terutama pada trimester pertama. Jika Anda ingin mengonsumsinya saat hamil, sebaiknya dibatasi dan konsumsilan setelah makan,” jelasnya.

Selain makan buah nangka, dr. Alvin Nursalim menjelaskan ibu hamil harus selalu memperhatikan asupan makanan.

“Konsumsi makanan yang kaya akan gizi seperti ikan, daging, dan telur sebagai sumber protein dapat meningkatkan kesehatan kehamilan. Untuk pilihan buah lain yang bisa dikonsumsi saat hamil adalah jeruk, apel, dan pepaya,” ujar dr. Alvin.

Konsumsi buah nangka pada ibu hamil memang baik untuk mendukung kehamilan yang sehat. Namun, makan buah nangka secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Terutama bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes gestasional, sangat disarankan untuk menghindari konsumsi buah nangka. (rvs/jpnn/klikdokter/ind)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #ibu-hamil #kesehatan 

Berita Terkait

Jangan Biarkan Kanker Meredupkan Mimpi

Jakarta Raya

Hampir Capai Seratus Persen

Jakarta Raya

Anak Sering Mual dan Muntah, Waspadai Ginjal

Jakarta Raya

Radang Sebabkan Gigi Cepat Ompong

Jakarta Raya

Kuncinya, Gizi Seimbang Ditambah Susu

Jakarta Raya

Dehidrasi Sebabkan Batu Ginjal

Jakarta Raya

IKLAN