Minggu, 23 September 2018 05:57 WIB
pmk

Nasional

Senyum Kemerdekaan, Siloam dan PABMI Operasi 250 Bibir Sumbing

Redaktur:

INDOPOS.CO.OD - Sambut kemerdekaan ke-73 RI, Siloam Hospitals Lippo Village (SHLV) bersama Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial Indonesia (PABMI) menyelenggarakan operasi celah bibir dan langit-langit mulut.

Operasi bibir sumbing itu dilakukan dengan melibatkan 17 rumah sakit di delapan provinsi dengan 45 dokter gigi spesialis. Adapun pasien bibir sumbing yang akan dioperasi sebanyak 250 orang.

Ketua Tim Dokter Siloam Cleft Centre, drg. Andi Setiawan Budihardja, Sp.BM (K) mengatakan, operaai itu dilakukan serentak dalam satu hari di Siloam Hospitals Lippo Village, Karawaci Tangerang, Minggu (26/8/2018).

"Keberhasilan ini mendapatkan penghargaan MURI yang diserahkan langsung oleh pendiri MURI Jaya Suprana kepada kepada Ketua PABMI, drg. M. Syafrudin Hak, Sp.BM (K)," ujarnya di Tangerang, Rabu (29/8/2018).

CEO SHLV, Jennifer Hendra menambahkan, bibir sumbing merupakan kondisi cacat khusus yang menyebabkan ketidak sempurnaan pada struktur bibit atau bagian langit mulut.

"Setiap tahun ada sekitar 8 ribu bayi di Indonesia lahir dengan kondisi bibir sumbing. Kelainan itu dapat menyebabkan gangguan estetik, mastikasi, malnutrisi dan psikososial," jelas Jennifer.

Sementara seluruh operasi dilakukan tanpa ada pungutan biaya dan seluruh pasien telah menjalani operasi dengan baik. Untuk diketahui, Siloam Cleft Center merupakan tempat penanganan anak kecil yang baru lahir dan orang dewasa yang mengalami bibir sumbing untuk dioperasi atau pernah dioperasi dan menginginkan koreksi.

"Kita akan berupaya memberikan pelayanan terbaik. Dalam penanganannya melibatkan dokter spesialis dari berbagai disiplin ilmu," katanya. (cok)


TOPIK BERITA TERKAIT: #siloam-hospitals #csr 

Berita Terkait

IKLAN