Rabu, 26 September 2018 10:02 WIB
pmk

Kesehatan

Turunkan Berat Badan, Konsumsi 6 Camilan saat Diet Keto

Redaktur:

Turunkan berat badan dengan konsumsi 6 camilan saat diet keto. (istimewa)

INDOPOS.CO.ID - Belakangan ini diet ketogenik semakin populer. Jika pada umumnya diet menghindari lemak, diet keto justru menekankan asupan tinggi lemak, protein yang sedang, dan rendah karbohidrat.

Dilansir dari Womens Health, saat menjalani diet keto, sebaiknya lebih selektif memilih makanan  yang pas. Rasio gizi yang tepat untuk menjalani diet keto yakni 70 persen lemak, 25 persen protein, dan 5 persen rasio karbohidrat. Selain makan berat, ada beberapa camilan yang bisa dimakan saat menjalani diet keto. Berikut enam makanan ringan untuk memaksimalkan proses penurunan berat badan tanpa merasa lapar.

1. Keju Lapis

Keju string atau lapis memiliki campuran protein dan lemak yang bagus, yang pasti dapat membantu Anda mengisi perut agar tetap kenyang. Menurut Jessica Cording, R.D., seorang ahli diet yang berbasis di New York, makanan ini cukup mudah dilakukan. Simpan saja di kulkas Anda, dan ambil kapanpun Anda mau menyantapnya.

Per 1 string keju memiliki 90 kalori, 7 gram lemak (4,5 g lemak jenuh), 0 gram karbohidrat, 0 gram gula, 170 mg sodium, 0 gam serat, 7 gram protein.

2. Telur Rebus

Sama seperti keju string, telur rebus menyediakan beberapa protein dan lemak. Makanlah telur rebus untuk mengisi snack diet keto atau pasangkan dengan yang lain di daftar cemilan yang direkomendasikan ini.

Per 1 telur mengandung 60 kalori, 4 gram lemak (1,5 g lemak jenuh), 0 gram karbohidrat, 0 gram gula, 60 natrium mg, 0 g serat, 6 gram protein.

3. Kacang Kenari

Kacang kenari mengandung banyak lemak, memiliki jumlah protein yang banyak, dan rendah karbohidrat, menjadikannya camilan padat untuk penggemar keto. Pilih ukuran porsi satu genggam (sekitar seperempat cangkir) jika tidak, kalori bisa bertambah dengan cepat.

Per 1/4 cangkir kacang mengandung 220 kalori, 20 gram lemak (2,5 gram lemak jenuh), 4 gram karbohidrat, 0 gram gula, 0 natrium mg, 2 gram serat, 4 gram protein.

4. Biji Bunga Matahari

Biji-biji kecil ini merupakan sumber lemak dan serat yang sehat, dengan sedikit protein. Mereka juga sangat mudah untuk dimakan kapan saja, cukup hanya menyimpannya di tas Anda dan memakannya saat lapar.

Per 1/4 cangkir biji bunga matahari mengandung 190 kalori, 15 gram lemak (1,5 g lemak jenuh), 7 gram karbohidrat, 2 gram gula, 360 mg sodium, 3 gram serat, 6 gram protein.

5. Alpukat

Alpukat dikemas dengan asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat, bersama dengan banyak mineral lain seperti serat dan kalium dan menjadikannya buah ramah keto. Dianjurkan makan setengah dari satu buah alpukat, sisanya bisa disimpan di lemari es.

Per 1/2 alpukat mengandung 114 kalori, 10,5 gram lemak (1,4 g lemak jenuh), 6 gram karbohidrat, 0 gram gula, 5 natrium mg, 5 gram serat, 1 gram protein.

6. Buah Zaitun dan Mentimun

Satu cangkir mentimun iris dan 10 buah zaitun besar menghasilkan kudapan yang sangat mudah keto, dengan manfaat tambahan kadar sodium.

"Ketika Anda berada dalam ketosis, tubuh Anda membutuhkan lebih banyak natrium, dan tanpa natrium yang memadai, orang berisiko mengalami dehidrasi, sembelit, dan ketidakseimbangan elektrolit yang lebih berbahaya," ujar Desiree Nielsen, RD, penulis Un-Junk Your Diet.

Per porsi kedua buah tersebut mengandung 71 kalori, 4,8 gram lemak (0 gram lemak jenuh), 5 g karbohidrat, 2,3 gram serat, 2,1 gram gula, 285 mg natrium, 1,2 gram protein. (fid/jpc/ind)


TOPIK BERITA TERKAIT: #diet-sehat #diet 

Berita Terkait

IKLAN