Rabu, 14 November 2018 02:14 WIB
pmk

Hukum

Apresiasi OTT Hakim di Medan, MA Benahi Sistem Cegah Korupsi

Redaktur: Redjo Prahananda

Wakil Ketua Mahkamah Agung, Sunarto (kedua dari kanan), di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (29/8/2018). Foto: Akbar/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Wakil Ketua Mahkamah Agung, Sunarto memberikan apresiasi penuh kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Hakim adhoc PN Medan, Merry Purba (MP) dan Panitera pengganti PN Medan, Helpandi (H).

Wakil Ketua MA, Sunarto menjelaskan, MA memberi apresiasi penuh kepada KPK. “Mahkamah Agung mendukung penuh upaya KPK memberantas korupsi,”ujar Sunarto .

Sunarto datang ke Gedung KPK sewaktu memberikan keterangan kepada wartawan, Rabu (29/8/2018).Dia melanjutkan, MA tidak selalu berusaha aecara maksimal untuk mewujudkan Visi Mahkamah Agung memberantas korupsi.

MA membenahi sistem dan terus bekerja sama dengan beberapa pihak untuk meminimalisir tindak pidana korupsi. MA bekerja sama dengan United States Agency for International Development (USAID).

”USAID itu kami buat untuk manajemen antisuap menggunakan ISO 37000.1 tahun 2016, itu adalah yang terbaru,”kata Sunarto.

USAID baru dicoba di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dan Pengadilan Negeri Surabaya. MA juga sudah melakukan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) yang bertujuan untuk mencegah korupsi.

“Walaupun begitu, masih muncul celah-celah dan menimbulkan peluang bagi pihak-pihak tidak bertanggugg jawab,”imbuh Sunarto. (cr-1)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ott-hakim-di-medan #helpandi-h #kpk #kasus-suap-hakim-di-medan #merry-purba 

Berita Terkait

IKLAN