Minggu, 23 September 2018 08:19 WIB
pmk

Liga Indonesia

Mulai Setarakan Level Permainan, Pemain Muda PSM Harus Bersaing

Redaktur:

TERBANG-Striker PSM Guy Junior (baju merah) berusaha mengindar dari terjangan pemain belakang Madura United (kanan) pada laga Gojek Liga 1 di Stadion Andy Matalata, Rabu (30/5) JPG

INDOPOS.CO.ID - Tim pelatih PSM menyusun program latihan merata untuk semua pemain. Fisik terus genjot sebelum memasuki latihan taktik. Pada latihan hari kedua, pelatih PSM, Robert Alberts memberi latihan bebas dengan game internal 11 lawan 11 selama 70 menit. Tetapi, selama sesi latihan di Stadion Andi Mattalatta, pemain diberi latihan penuh untuk menggenjot fisik.

Latihan ini sebagai evaluasi dari latihan bebas yang diterapkan sebelumnya. Fisik pemain digenjot merata ke semua pemain tak terkecuali pemain muda. Tak ada sesi latihan tanding 11 lawan 11 atau small game 6 lawan 6.

Kali ini tim pelatih memberi empat motode latihan yang dilakukan penuh, lebih 60 menit tanpa jeda. Metode latihan pertama ini hanya fokus mengasah kecepatan pemain dengan berlari zig-zag mengikuti rute yang sudah ditentukan dengan kayu yang ditancapkan ditanah sebagai pembatas.

Metode kedua, pemain dilatih memainkan umpan pendek dengan empat gawang kecil di empat sudut. Metode ini mengisyaratkan pemain memainkan umpan pendek dengan cepat. Metode ketiga dengan gawang besar yang dijaga dua kiper di dua gawang berbeda.

Metode ini pemain diminta untuk memainkan satu dua sentuhan melewati lawan sebelum melakukan tembakan ke gawang. Metode keempat adalah mengasah akurasi crosing. Aturannya saat umpan silang pemain tengah yang menyambutnya langsung mengeksekusi dengan tendangan atau heading. Tidak dikontrol.

Empat metode ini dilakukan secara cepat. Istirahat hanya diberikan saat berpindah ke metode berikutnya sambil minum dan langsung lagi melanjutkan latihan. Dalam empat metode ini dipandu satu asisten pelatih PSM. Sementara pelatih Robert Alberts berada di tengah lapangan mengawasi empat sudut yang melaksanakan empat motode latihan berbeda secara bersamaan.

Di bagian lain tim pelatih PSM mendekati beberapa tim lokal untuk dijadikan lawan uji coba. Salah satunya adalah Kakha FC. Pelatih PSM, Robert Alberts mengatakan, saat ini tim pelatih sedang menjajaki lawan yang akan dihadapi. Tetapi, belum ada yang pasti. Masih disiapkan.

Kans melawan PSM U-19 juga masih mereka pertimbangkan.  "Kalau PSM U-19 hanya kami yang putuskan, bukan mereka. PSM U-19 mulai berkompetisi dua pekan ke depan," paparnya.

Owner Kakha FC, Abdul Azis Latunrung tak menampik jika timnya mendapat tawaran untuk menguji kekuatan PSM pasca latihan sepekan. Tetapi, ia tidak ingin menjelaskan secara detail. "Ada tawaran," singkatnya.  (jpg)

SKEMA LATIHAN DI MATTALATTA

Tim A: Steven, Abdul Rahman, Wiljan, Wasyiat, Guy, Ferdinand

Tim B: Ardan, Syafei, Ahmad Hari, Arsyad, Fauzan

Tim C: M Arfan, Reva, Saldi, Zul, Hendra, Rasyid

Tim D: Zulham, Heri, Hasyim, Pellu, Marc, Rahmat


TOPIK BERITA TERKAIT: #psm-makassar 

Berita Terkait

PS Tira vs PSM, Momen Tim Tamu Putus Tren Buruk

Liga Indonesia

Bonus Pemain PSM Belum Cair, Rene Alberts Bungkam

Liga Indonesia

Belum Berhenti Buru Poin, Nil Amati Rekaman Away PSM

Liga Indonesia

Main Imbang dengan Barito, PSM Diprotes Suporter

Liga Indonesia

Jacksen : PSM Tak Kuat Lagi

Liga Indonesia

Transisi Masih PSM Bermasalah

Liga Indonesia

IKLAN