Sabtu, 22 September 2018 10:34 WIB
pmk

Fokus

Pelukan Prabowo - Jokowi, Peredam Cebong vs Kampret di Medsos

Redaktur:

Presiden Joko Widodo berpelukan dengan Ketua Umum IPSI Prabowo Subianto di venue pencak silat pada Asian Games 2018 di TMII, Jakarta, Rabu (29/8/2018).

INDOPOS.CO.ID - Pengamat media sosial dari Komunikonten, Hariqo Wibawa Satria menilai, momen pelukan antara Presiden Jokowi dengan Prabowo Subianto kemarin menjadikan dunia media sosial 'adem ayem'. Biasanya para netizen tak henti-hentinya melempar gagasan yang cenderung saling menghujat disertai adu nyinyir.

Hariqo menjelaskan konten di darat sangat mempengaruhi pengguna medsos. "Jika kontennya pelukan, maka pengguna medsos akan adem, apalagi yang berpelukan Pak Prabowo dan Pak Jokowi. Namun jika kontennya bentrokan maka kecenderungan pengguna medsos juga menyesuaikan," ucap dia kepada INDOPOS melalui pesan tertulis di Jakarta, Kamis (30/8/2018).

Momen panas dunia medsos yang ditimbulkan dari konten didarat, Hariqo sebut seperti pelarangan kegiatan #2019GantiPresiden sementara kegiatan #JokowiDuaPeriode tidak dilarang. Maka pengguna medsos akan ribut dan saling menyerang.

Pria asal Bukit Tinggi Sumatera Barat ini menegaskan, situasi buruk di dunia medsos bisa diredam karena figur Prabowo dan Jokowi punya pengikut loyal. Ketika terjadi hal buruk yang levelnya membahayakan maka pernyataan kedua bakal calon presidem itu bisa meredamnya.

"Pelukan itu jadi salah satu modal besar untuk pilpres aman dan berkualitas. Foto dan video pelukan jadi pengingat bahwa kita satu," tutur Hariqo.

Selain itu, menurut dia, harusnya para netizen memperbanyak pertemuan darat antara pendukung, agar situasi adem ayem dapat terjaga. Lalu ia pun mengimbau agar para netizen pendukung masing-masing menyampaikan gagasan serta narasi politik yang membangu.

"Sebaiknya fokus pada menyampaikan keunggulan capresnya dan program2 yg ditawarkan. Petahanan menyampaikan prestasi, penantang menyampaikan kritik dan tawaran baru. Di semua negara demokrasi berlaku ini," pungkasnya. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #prabowo-subianto #pilpres-2019 #jokowi 

Berita Terkait

IKLAN