Selasa, 13 November 2018 07:54 WIB
pmk

Nasional

Waduh, Sudah 73 Tahun Baru Miliki UU Kebudayaan

Redaktur: Ali Rahman

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Foto: Nasuha/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Selama 73 tahun, Indonesia belum memiliki Undang-undang (UU) kebudayaan. Padahal dengan UU kebudayaan, pemerintah bisa lebih fokus memperhatikan kebudayaan lokal.

"Dari 73 tahun, kita baru punya UU kebudayaan sekarang," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Jakarta, Kamis (30/8/2018).

Menurut Mantan Rektor UMM, saat merumuskan nama UU kebudayaan tersebut sangat sulit. Karena, pemerintah ingin UU ini lebih moderat, tapi bisa mengakomodir kebudayaan lokal.

"Kami terus inventarisir kebudayaan di daerah. Baru 20 persen daerah menyerahkan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD). Ini untuk merumuskan strategi kebudayaan tingkat nasional," terangnya.

Muhadjir berharap dengan UU Kebudayaan ini bisa menjadi payung hukum bagaimana menjaga dan memelihara kebudayaan di Indonesia. Ia yakin inventarisasi kebudayaan daerah bisa rampung pada akhir 2018.

"12 bahasa lokal di Maluku Utara punah. Masih banyak kebudayaan di daerah lain yang punah. Dengan UU Kebudayaan kita akan selamatkan dan lindungi kebudayaan Indonesia," ucapnya. (nas)


TOPIK BERITA TERKAIT: #uu-kebudyaan #mendikbud-muhadjir-effendy 

Berita Terkait

IKLAN