Selasa, 25 September 2018 04:19 WIB
pmk

Hukum

KPK: Jika MA Butuh Informasi tentang OTT di Medan Silakan Datang ke Kami

Redaktur: Ali Rahman

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah mengatakan, jika Mahkamah Agung (MA) membutuhkan informasi mengenai Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Medan yang terkena operasi tangkap tangan (OTT) dapat mengajukan permintaan kepada KPK.

Hal tersebut dilakukan agar dapat mengetahui apakah ada atau tidaknya peristiwa-peristiwa yang mugkin dibutuhkan untuk penegakan etika hakim dan aturan internal di MA.

Sebelumnya hal tersebut pernah dilakukan ketika Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi melakukan pemeriksaan terhadap fakta-fakta yang terkait dengan Hakim Konstitusi, Partialis Akbar yang saat itu diproses KPK melalui kegiatan Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Menurut Febri, penegakan etika internal yang dilakukan di institusi penegakan hukum seperti ini perlu dilakukan secara serius. ”Agar menjadi pesan kuat bagi semua pihak bahwa ketika ada penegak hukum, khususnya terhadap hakim yang diduga melakukan korupsi, MA tidak resisten dan bahkan menyatakan komitmennya untuk melakukan pembersihan,” imbuh Febri.

Lanjut Febri, KPK berharap selain proses hukum pidana korupsi, ketegasan MA ke dalam juga dilakukan agar masyarakat percaya, bahwa MA akan serius melakukan pembenahan di internal MA. (cr-1)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ott-hakim-di-medan #kpk-ri #mahkamah-agung #febri-diansyah #kasus-suap-hakim-di-medan #merry-purba 

Berita Terkait

IKLAN