Selasa, 25 September 2018 08:16 WIB
pmk

Megapolitan

Pj Wali Kota Bekasi Dicopot Sebelum Masa Berakhir

Redaktur: Ali Rahman

Penjabat Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah. Foto: Deny Iskandar/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Belum sampai masa jabatan berakhir, Penjabat Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah dicopot. Pencopotan itu diketahui setelah Penjabat Gubernur Jawa Barat M Iriawan bakal melantik pengganti Ruddy, Jumat (31/8/2018) di gedung Sate Kota Bandung, Jawa Barat.

"Undangannya sudah diberikan dari Pemprov Jawa Barat. Kalau besok ada pelantikan Penjabat Wali Kota baru pengganti Pak Ruddy," kaya Asisten Daerah I, Erwin Effendi kepada INDOPOS, Kamis (30/8/2018).

Erwin mengaku tak tahu terkait penyebab pergantian tersebut. Padahal, masa jabatan Ruddy masih sampai tanggal 20 September 2018 atau bertepatan saat pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih. "Itu kewenangan provinsi, saya tidak tahu penyebabnya," ujarnya.

Seperti yang diketahui, masa tugas Ruddy di Kota Bekasi berawal pada Februari 2018 dengan jabatan sebagai Penjabat Sementara Wali Kota Bekasi seiring masuk masa cutinya Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi karena akan berpartisipasi di Pemilihan Wali Kota Bekasi dan Wakil Wali Kota Bekasi. 

Pada Maret 2018, jabatan Ruddy berubah menjadi Penjabat Wali Kota Bekasi seiring habisnya masa jabatan Wali Kota Bekasi dan Wakil Wali Kota Bekasi periode 2013-2018.

Saat dikonfirmasi awak media, Penjabat Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah mengaku belum mendapatkan surat pemberitahuan resmi seputar berakhirnya masa tugas di Kota Bekasi. Meski begitu, sikap Ruddy sudah menyampaikan pesan bahwa dirinya akan meninggalkan Kota Bekasi untuk kembali fokus menjalankan tugas sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jawa Barat. "Sampai sekarang masih belum menerima surat tentang penarikan," katanya.

Meski begitu, Ruddy mengaku, dirinya siap mengikuti apa pun bentuk tugas yang dipercayakan pimpinan kepadanya. Baik itu jika harus kembali fokus menjalankan tugasnya sebagai Kepala Kesbangpol Jabar, atau yang lainnya. "Memang pelantikan Wali Kota Bekasi terpilih dijadwalkan 20 September 2018, tapi bisa saja saya selesai lebih awal dan kembali lagi ke Bandung," tandasnya. (dny)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #pj-wali-kota-bekasi-dicopot #ruddy-gandakusumah #erwin-effendi #asisten-daerah-i-pemprov-jabar 

Berita Terkait

Pj Wali Kota Bekasi: Semangat Kurban untuk Kemanusiaan

Megapolitan

IKLAN