Rabu, 26 September 2018 09:59 WIB
pmk

Liga Champions

PSV Susul Ajax di Liga Champions

Redaktur:

MENANG-Pemain depan PSV asal Meksiko Hirving Lozano (kiri) menendang untuk mencetak skor 3-0 saat ia bersaing dengan pemain belakang Serbia Bate Borisov, Nemanja Milunovic (kanan) saat pertandingan sepakbola leg kedua babak play-off UEFA antara PSV Eindhoven dan Bate Borisov di Eindhoven, Rabu 29 Agustus 2018. AFP PHOTO / ANP

INDOPOS.CO.ID - Lolosnya tim sepakbola PSV Eindhoven ke fase grup Liga Champions jadi pemutus dahaga di Eredivisie. Sebab, ini untuk kali pertama kompetisi nomor satu di negeri Belanda itu meloloskan dua wakil di fase grup Liga Champions setelah sewindu menanti. Kali terakhir ada dua klub Eredivisie itu saat Liga Champions 2010-2011.

Ketika itu Ajax Amsterdam dan FC Twente yang jadi wakil Negeri Kincir Angin. Nah, di musim ini, giliran Boeren -julukan PSV- yang mendampingi Ajax dalam fase grup perebutan Si Kuping Lebar. Tak cuma sukses bagi kedua klub yang persaingannya disebut De Topper itu. Ini juga memberi efek bagi Eredivisie dan liga sepak bola Belanda pada umumnya.

Dilansir Voetbalzone, posisi kompetisi Belanda terdongkrak satu strip di koefisien UEFA setelah lolosnya Ajax dan PSV. Lolosnya dua klub sekaligus ini memberi tambahan 3600 angka untuk Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) dan kompetisi Belanda. Dari yang semula koleksi poinnya 23833.

Di daftar peringkat koefisien UEFA kemarin WIB (30/8), Belanda pun sukses menggeser Austria di posisi ke-11. Dengan koleksi 27.433, Belanda masih berjarak 3367 poin dari Turki di posisi kesepuluh. Angka itu harusnya bisa bertambah andaikan Feyenoord dan Vitesse tak gagal lolos ke Liga Europa musim ini.

“Tak pernah ada klub Belanda yang harus melewati tiga kualifikasi beruntun supaya bisa lolos ke fase grup Liga Champions. Itulah yang jadi keyakinan kami. Jadi, lolos ke fase grup ini jadi momen yang fantastis! Tim ini layak mendapatkannya,'' tutur bek kiri Ajax, Daley Blind, di dalam wawancaranya dengan De Telegraaf.

“'Tugas kami sekarang, tuntaskan musim ini semaksimal mungkin,'' tambah tacticus PSV, Mark van Bommel dikutip Voetbalzone.

Selain KNVB, Federasi Sepak Bola Yunani (EPO) juga mendapatkan efek positif dengan lolosnya AEK Athens ke fase grup Liga Champions. Di daftar koefisien UEFA, Yunani naik satu peringkat ke posisi 14. (ren/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #psv-eindhoven 

Berita Terkait

Barcelona vs PSV Eindhoven, Misi Antara Dua Messi

Liga Champions

Jumpa BATE, PSV Merasa Tenang karena Main di Kandang

Liga Champions

IKLAN