Sabtu, 22 September 2018 03:09 WIB
pmk

Total Sport

Lima Cabor Olimpik Sukses

Redaktur:

Rifki Ardiansyah. FOTO: INASGOC

INDOPOS.CO.ID - Perhelatan Asian Games sebentar lagi berakhir. Kita patut gembira karena lima cabor Olimpik sukses meraih medali. Keberhasilan ini patut mendapatkan apresiasi agar persiapan menghadapi Olimpiade Tokyo 2020 bisa diantisipasi dengan baik. Selain bulutangkis dan angkat besi yang selema ini menjadi andalan, cabor karate dan panjat tebing pun patut diperhitungkan.

Menpora Imam Nahrawi  merasa senang dan bangga cabang olahraga Olimpiade yang dipertandingkan di Asian Games tahun ini bisa meraih sukses prestasi. "Beberapa cabang olahraga Olimpiade yang dipertandingkan di Asian Games ini menunjukkan prestasi yang menjanjikan untuk modal Olimpiade Tokyo 2020 nanti. Seperti Karate, Panjat Tebing dan yang lain bisa menjadi andalan," kata Menpora kepada media di Jakarta, Kamis (29/8).

Olimpiade Tokyo 2020 memang masih dua tahun lagi, namun beberapa prestasi atlet muda Indonesia patut diproyeksikan. Dari cabang olahraga karate misalnya.  Rifki Ardiansyah yang baru berusia 20 tahun memiliki potensi luar biasa. Pada pertandingan final Rifki berhasil mengalahkan lawannya, atlet karate Iran yang juga seorang juara dunia dan peraih emas di Asian Games 2014, Amir Mahdi Zadeh. Rifki mengalahkan Amir dengan skor 9-7 di babak final.

Selain Karate, cabor yang menjanjikan juga muncl dari Panjat Tebing. Beberapa atlet panjat tebing seperti Aries Susanti Rahayu memiliki potensi untuk dipersiapkan dengan matang menuju Olimpiade 2020 nanti. Rapor Aries Susanti di Asian Games 2018 sendiri berhasil menyumbangkan dua medali emas melalui nomor tunggal dan beregu putri.

Bahkan perempuan yang dijuluki Spiderwomen asal Indonesia ini pernah meraih medali emas dalam seri Piala Dunia Panjat Tebing di Chongqing, Cina. Aries menuturkan kekuatan tim Indonesia sudah setara dengan tim-tim dari negara lain dalam seri Piala Dunia Panjat Tebing di Rusia dan Cina.

"Untuk persaingan dalam Asian Games, persaingan berat dari Cina, Iran, dan Kazakhstan. Tapi untuk kejuaraan dunia, ada tim Rusia, Prancis, dan lainnya," kata Aries.

Tim panjat tebing Indonesia meraih total 1 medali emas, 3 medali perak, serta 3 medali perunggu dalam tiga seri Piala Dunia Panjat Tebing 2018 di Rusia dan Cina.

Sementara itu, dua cabang akurasi dipastikan gagal memenuhi target,  yakni Equestrian dan Boling. Keduanya gagal meraih medali di even paling bergengsi di kawasan Asia Ini.  Cabor akurasi yang dinilai memenuhi target, bahkan yang semula target perunggu justru meraih perak. Sebut saja,  Paralayang, menembak dan gymnastic.(bam)


TOPIK BERITA TERKAIT: #asian-games-2018 

Berita Terkait

Sukses Karate di Asian Games untuk Modal ke Tokyo

Total Sport

Christo Akui Lebih Nyaman Bersama Aldila

Total Sport

IKLAN