Rabu, 21 November 2018 11:31 WIB
pmk

Kesehatan

5 Pengobatan Alami Atasi Bisul di Wajah

Redaktur:

Ilustrasi bisul yang muncul di wajah. Pengobatan alami membantu mengatasi bisul, seperti menggunakan jinten atau minyak jarak. (boldsky)

INDOPOS.CO.ID - Mirip dengan jerawat, bisul juga kerap menimbulkan masalah di wajah. Biasanya bisul ini cenderung panas dan melepuh yang disebabkan oleh folikel rambut atau kelenjar minyak yang terinfeksi oleh bakteri dan tampak seperti jerawat kecil.

Dilansir dari Boldsky, bisul tidak hanya muncul di wajah, tetapi juga pada bagian lain dari tubuh seperti bahu, kaki, tangan, dan bahkan bagian-bagian sensitif. Ketika bisul tumbuh ke area sensitif, maka sangat tidak disarankan menggunakan krim dan lotion kimia. Sebab, hanya akan memperburuk kondisi.

Untuk menghindari bisul, lebih baik memilih bahan alami yang terbukti lebih aman. Berikut 5 bahan rumahan yang bisa digunakan.

1. Jinten

Jinten, atau dikenal sebagai jeera, adalah bumbu yang ditemukan di setiap dapur India. Jinten bekerja efektif dalam menyingkirkan nanah dan bakteri yang terakumulasi dalam bisul.

Dibutuhkan 4 sendok teh bubuk jinten untuk obat ini. Panggang biji cumin dan bubuknya. Tambahkan beberapa tetes air untuk membuat pasta. Terapkan ini pada bisul. Terus terapkan setiap 4 sampai 5 jam. Lakukan ini sampai melihat ada perbedaan.

2. Bawang Putih

Bahan dapur umum lainnya, bawang putih, juga merupakan obat yang efektif untuk bisul. Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan membantu mengobati segala jenis peradangan pada kulit.

Ambil 2 atau 3 siung bawang putih dan buat pasta halus. Oleskan pasta ini pada bisul panas, dan biarkan selama 10 menit. Lalu bilas dengan air biasa. Ramuan ini bisa diterapkan sekali setiap hari untuk hasil yang lebih baik.

3. Minyak Jarak

Minyak jarak mengandung senyawa anti-inflamasi yang disebut asam ricinoleic. Senyawa ini akan membantu dalam mengusir bisul panas. Bersamaan dengan itu juga membantu dalam melembabkan kulit dan mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit.

Ambil kapas dan celupkan ke dalam minyak jarak. Oleskan ke area yang terkena bisul dengan bantuan kapas dan biarkan selama sekitar 20 menit. Setelah 20 menit, bilas dengan air biasa. Lanjutkan ini selama 2-3 hari atau sampai terlihat perbedaannya.

4. Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang akan mengobati beberapa masalah kulit seperti ruam, radang, kemerahan pada kulit. Yang perlu dilakukan adalah menerapkan beberapa tetes tea tree oil pada bisul dan biarkan selama beberapa menit. Gunakan terus tea tree oil ini sampai bisul hilang.

5. Daun Sirih

Daun sirih juga membantu menghilangkan jerawat dan bisul panas dengan membantu melepaskan nanah dari bisul. Apa yang harus dilakukan ? Ambil 3 lembar daun sirih segar, lalu rebus dengan setengah cangkir air dalam api kecil. Rebus sampai daun sirih menjadi lunak. Biarkan campuran menjadi dingin dan buat pasta dari campuran ini. Kemudian oleskan pada area yang terkena sampai mengering, lalu bilas dengan air biasa. Ulangi obat ini setidaknya dua kali seminggu untuk hasil yang lebih cepat. (fid/jpc/ind)


TOPIK BERITA TERKAIT: #cara-alami-atasi-bisul 

Berita Terkait

IKLAN