Rabu, 14 November 2018 11:59 WIB
pmk

Ekonomi

Kebijakan Biodiesel B20 Mampu Dorong Ekspor CPO

Redaktur: Ali Rahman

Menko Perekonomian Darmin Nasution, saat launching biodiesel B20 di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (31/8/2018). Foto: Dhika Noor Alam/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Pemerintah melucurkan kebijakan pelaksanaan program mandatori biodiesel B20 mulai besok, 1 September 2018. Bahan bakar minyak dengan campuran 20 persen biodiesel digunakan untuk sektor public service obligation (PSO) maupun non-PSO. Kebijakan ini dianggap memberikan efek berantai positif perekonomian nasional.

Mandatori B20 ini didukung oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan Kementerian Perdagangan.

"Kita bersyukur pada har ini, seusai rencana launching pelaksanaan b20 baik untuk PSO dan non-PSO. Saya ingin menekankan kebijakan ini menjadi bagian dari kebijaan mendorong ekspor dan memperlampat import," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (31/8/2018).

Darmin menuturkan, munculnya kebijakan tersebut bisa mengurangi defisit transaksi berjalan. Kebijakan biodiesel B20 terintegrasi dengan Online Single Submission (OSS) yang meningkatkan investasi dan eskspor.

"Mulai keliatan hasilnya itu B20. Karna begitu kita mulai dampaknya ada penyematan karna biodiesel dan solarnya dicampur dengan Crude Palm Oil (CPO). Produksi CPO itu sedang tinggi. Jadi kalau mulai berkurung paling harganya membaik itu akan menaikan devisa," jelas Darmin.

Manfaat lain, lanjut Darmin bisa meningkatkan ekspor batu bara, hal tersebut tengah dibahas bersama Kementeriam ESDM dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Tentunya akan menghasilkan tambahan devisa.

"Melaksanakan lebih konsisten. Jadi B20 adalah bagian kebijakan besar kita sudah membicarakannya dengan pemakai. sudah kita kunyah-kunya maslah ini," tukas Darmin. (cr-2)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kebijakan-biodiesel-b20 #menko-perekonomian-darmin-nasution #ekspor-cpo 

Berita Terkait

IKLAN