Sabtu, 17 November 2018 05:47 WIB
pmk

Total Sport

Basket Putri Tembus 10 Besar Asian Games

Redaktur:

FOTO: INASGOC

INDOPOS.CO.ID - Tim bola basket putri Indonesia mengakhiri perjalanan mereka di Asian Games 2018 dengan finis di urutan ketujuh setelah menang 82-66 dari Mongolia, Jumat (31/8).

Hasil dari laga yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta itu pun membuat Indonesia menjadi unggulan ketujuh di Asian Games 2022 mendatang. Sementara Mongolia di urutan kedelapan.

Dari empat kuarter, Nathasa Debby Christaline menjadi penyumbang skor terbanyak untuk Indonesia dengan 37 poin. Dua pemain lain yang juga berkontribusi di atas 10 angka, ialah Gabriel Sophia dan Priscilla Annabel Karen yang masing-masing mencetak 18 poin dan 10 poin.Pelatih tim putri Indonesia Arif Gunarto menilai seluruh anak asuhnya mampu menerapkan istruksi tim pelatih dengan baik.

“Mainnya lepas, lalu bisa fokus di pertahanannya. Dengan begitu ketika menyerang ya mengalir,” kata Arif seusai pertandingan.

Kemenangan atas Mongolia bagi Indonesia pun menjadi yang kedua selama Asian Games tahun ini. Sebelumnya, dari enam pertandingan, Henny Sutjiono dkk hanya pernah mendapatkan satu kemenangan dari India dalam babak penyisihan.

“Saya rasa sangat luar biasa bagi kami bisa finis di urutan ketujuh. Banyak orang beranggapan bahwa tim putri sangat berat untuk bisa masuk delapan besar,” kata Arif.“Kita bisa lihat Sophia yang merupakan pemain senior bisa atur adik-adiknya,” imbuh Arif.

Ke depannya, Arif berharap tim yang turun di Asian Games kali ini juga bisa diterjunkan di SEA Games 2019 yang akan diselenggarakan di Manila, Filipina. Namun, Arif tidak bisa memastikan apakah dirinya masih akan menjadi pelatih Sophia dan lainnya.

“Saya juga tidak tahu apakah para daftar pemain masih sama dengan Asian Games ini. Pemain-pemain lain juga masih ada kan. Saya rasa bisa saja jika ada opsi membuat dua tim, yang intin dan pelapisnya. Tapi, pemain basket putri kan tidak sebanyak putra ya,” pungkas Arif.

Terpisah, Debby menyatakan sangat senang bisa bermain di Asian Games. Tidak hanya untuk dirinya, juga bagi para junior yang bisa mengambil pengalaman bermain dengan tim-tim kelas dunia seperti Tiongkok dan Taiwan. (bam)


TOPIK BERITA TERKAIT: #asian-games-2018 #basket 

Berita Terkait

IKLAN