Sabtu, 22 September 2018 08:30 WIB
pmk

Liga Inggris

Liverpool Pekerjakan Pelatih Khusus Throw-In

Redaktur:

Thomas Gronnemark

INDOPOS.CO.ID - Eksekusi throw-in seringkali dianggap hal sepele dalam sepak bola. Meski terdengar remeh tapi pelatih Liverpool Juergen Klopp malah mempekerjakan pelatih khusus throw-in.

Seperti ditulis situs resmi Liverpool Jumat (31/8) sejak pramusim lalu Thomas Gronnemark menjadi staf kepelatihan Klopp. Pemegang rekor dunia throw-in sejauh 51,33 meter tersebut melengkapi staf bidang kebugaran, pengobatan, dan nutrisi.

Klopp berkata dalam 18 tahun karir kepelatihannya belum pernah mendengar keahlian khusus seperti yang dimiliki Gronnemark ini. Namun setelah bertatap muka langsung dengan pria asal Denmark itu Klopp tanpa ragu meminta Gronnemark bekerja untuknya.

 “Saya pikir keberadaan Gronnemark bukan hanya penting untuk saya melainkan untuk semua orang di tim ini. Kami memakai semua informasi yang diketahuinya tentang throw-in,” kata Klopp kemarin. “Pemain di akademi pun kami latih mengembangkan throw-in yang bagus,” tambah mantan pelatih Mainz 05 dan Borussia Dortmund itu.

ESPN menuliskan sebelum bekerja sama dengan Liverpool, Gronnemark sudah pernah menjadi bagian dari kepelatihan Schalke 04, Hertha Berlin, dan FC  Midtjylland.

Gronnemark juga menjadi bagian dari kisah fenomenal Midtjylland saat bertarung di Liga Europa 2015-2016. Pada leg pertama 32 besar Liga Europa, Midtjylland menang 1-0 atas Manchester United. Meski di leg kedua di Old Trafford,  Midtjylland kalah 1-5 oleh United.

Dalam wawancara dengan Fox Sports, Gronnemark mengatakan pengalaman kerja dengan Midtjylland menunjukkan kalau throw-in merupakan salah satu senjata dalam permainan sepak bola.   “Syaratnya throw-in dilakukan dengan teknik yang pas, presisi, dan kebutuhan taktik. Jika melakukan lemparan yang datar maka akan sangat mudah untuk diantisipasi namun jika bisa melakukan lemparan jauh yang terukur dan datar serta dibarengi taktik maka hal itu akan lebih mudah menghasilkan gol,” jelas Gronnemark.

Mantan pelatih Midtjylland Glen Riddersholm kepada ESPN berujar kalau memiliki pelatih khusus throw-in seperti Gronnemark sangat membantu timnya menghasilkan gol dari proses set piece.   “Misal saat melakukan serangan balik, bola keluar maka ketika lawan belum terlalu terorganisasi formasinya inilah momen pas mengeksploitasi ketidak siapan lawan. Jadi lemparan saat situasi itu terjadi harusnya kencang, akurat, dan menembus para bek,” tutur Riddersholm. (dra)


TOPIK BERITA TERKAIT: #liverpool 

Berita Terkait

Prediksi Liverpool vs PSG: Reuni Panas Mantan Dortmund

Liga Champions

Liverpool vs PSG, Klopp Dominasi Tuchel

Liga Champions

Prediksi Tottenham vs Liverpool, Si Merah Tak Boleh Panik

Liga Inggris

Tottenham Hotspur vs Liverpool, Tim Tamu Pede

Liga Inggris

Sampai Oktober, Liverpool Dihadapkan dengan Jadwal Super Berat

Total Football

IKLAN