Minggu, 23 September 2018 11:59 WIB
pmk

Politik

Makan Gudeg, Ustad Yusuf Mansur Luruskan Kabar Jadi Timses Jokowi

Redaktur:

PINGGIR JALAN – Ustad Yusuf Mansur dan Sandiaga S Uno bertemu dan makan di depan Masjid sebelum salat Jumat (31/8/2018). FACEBOOK SANDIAGA UNO

INDOPOS.CO.ID - NAMA dai kondang yang juga pengusaha, Ustad Yusuf Mansur banyak disebut-sebut dalam beberapa hari ini. Itu karena ia dikabarkan masuk dalam tim sukses pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf. Benar kah?

Dilianto, JAKARTA

"Saya sih maunya jadi ustad, jadi ulama. Sekarang posisi masih baru, belum ulama, doain bisa jadi ulama," ujar Ustad Yusuf kepada wartawan usai melaksanakan Salat Jumat di Masjid At-Taqwa, bilangan Kebayoran Baru, Jakarta,  Jumat (31/8/2018).

Ia membantah kabar yang menyebutkan dirinya masuk menjadi bagian dalam tim sukses pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf. Ini setelah Ma’ruf Amin sendiri yang mengumumkan posisi Yusuf Mansur tersebut.

"Ya, iya (masuk timses)," ucap Ma'ruf Amin seusai acara silaturahmi PBNU di Hotel Aryaduta, Jalan KKO Usman dan Harun, Jakarta, Kamis (30/8/2018). Jawaban itu dilontarkan saat ditanyakan apakah benar Yusuf Mansur jadi anggota timses.

Penjelasan Ma’ruf Amin langsung dibantah Yusuf Mansur. Pemilik usaha Paytren ini mengaku, akan berada di posisi tengah, dengan tidak memihak ke salah satu pasangan capres-cawapres. Yakni sebagai penyejuk dan pemberi kedamaian untuk Pilpres 2019.

“Yang di tengah kan tugasnya mendoakan semua. Jadi jangan kaget kalau nanti saya tiba-tiba ke Pak Jokowi, tiba-tiba ke Pak Prabowo,” kata Yusuf Mansur dengan gaya khasnya.

Pimpinan pondok pesantren Daarul Quran itu mengklarifikasi pernyataan Ma’ruf Amin, saat ia mengunjungi kediaman ketua non aktif Majelis Ulama Indonesia (MUI)  itu,  Kamis (30/8/2018).

“Jadi saya ke rumah beliau silaturahmi setelah ibadah haji. Seperti biasa, kami bicarakan ekonomi keumatan, ekonomi kebangsaan. Posisi saya sebagai pelaku bidang tahfidz dan wirausahawan,” katanya.

Menurut Yusuf Mansur, ia memang sempat bercanda ke wartawan ketika itu. “Saya hanya bercanda bilang ke wartawan kalau saya bahas timses. Saya lupa kalau beliau cawapres,” ujarnya.

Namun, saat disinggung kesediannya apabila ditawari bergabung ke salah satu pasangan calon, Yusuf Mansur menjawab politis.

"Kalau bilang tidak akan kan tidak boleh. Kesannya kan kayak ngeduluin. Gimana ntarnya dah," ujarnya sambil tertawa.

Keberadaan posisinya yang ingin berada di tengah-tengah tanpa mendukung kubu capres-cawapres itu pun ditunjukkan Ustad Yusuf Mansur, dengan melakukan pertemuan dengan cawapres Sandiaga Uno.

Pertemuan itu dilakukan secara terbuka dengan salat Jumat bareng di Masjid At-Taqwa. Sandi mengenakan kemeja panjang berwarna biru dengan peci hitam. Sedangkan Ustaz Yusuf Mansur tampak menggunakan setelan batik berpeci hitam.

Datang lebih awal, sebelum memasuki masjid untuk Jumatan,  Yusuf Mansur mengajak Sandi makan di PKL sekitar masjid. Sandi memilih ketoprak dan Yusuf Mansur menikmati hidangan gudeg.

Tak ingin kembali terjebak dengan statemen dukung mendukung,  Yusuf Mansur buru-buru menjelaskan kepada wartawan bahwa pertemuan dengan Sandiaga adalah bentuk silaturahmi, bukan membahas timses.

"Saya sih tersanjung ya. Siapa-lah saya. So far judulnya adalah silaturahmi," katanya

Sementara,  Sandiaga mengatakan pertemuan itu untuk meminta restu dari Yusuf Mansur. "Saya hanya memohon doa restu karena ini sahabat dan sebagai ulama, tentunya banyak saya dengarkan masukannya," kata Sandiaga yang sedang duduk di samping Yusuf Mansur.

Ia juga mengucapkan selamat kepada Yusuf Mansur. Sandi mendengar kabar bisnis Yusuf Mansur melejit. "Saya dengar dari teman-teman, di bisnis Paytern tambah maju," ujar Sandi.

Ketika disinggung mengenai rumor bahwa Ustad Yusuf Mansur menjadi timses Jokowi-Ma'ruf,  Sandiaga tak mempermasalahkannya.  Ia hanya mendorong agar Ustadz Yusuf Mansur tetap mengedepankan peran sebagai dai untuk mewujudkan suasana sejuk di tengah Pilpres yang ramai.

“Bagi saya yang terpenting bukan ustad ada di mana, tetapi bangun kesejukan, bangun persatuan,” ucap Sandi. (dil)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ustad-yusuf-mansur #pilpres-2019 #pemilu-2019 

Berita Terkait

IKLAN