Kamis, 15 November 2018 05:08 WIB
pmk

Nasional

Penerapan Mapel Informatika Tuntaskan Masalah Jaringan Internet

Redaktur: Redjo Prahananda

Pengamat Pendidikan Indra Charismiadji.

INDOPOS.CO.ID - Pengamat Pendidikan Indra Charismiadji mengingatkan kepada pemerintah untuk menyiapkan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) tersertifikasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Terdapat beberapa wilayah di Indonesia belum bisa menikmati jaringan internet.

“Jangankan Papua, di wilayah Jakarta sendiri terdapat sekolah belum tersentuh internet,” ungkap Indra Charismiadji di Jakarta, Sabtu (1/9/2018).

Menurut Indra, mata pelajaran (Mapel) Informatika sangat bergantung pada jaringan internet. Karena, dalam Mapel Informatika mengajarkan peserta didik berkomunikasi, kolaborasi, berpikir komputeris. “Menciptakan anak berpikir kritis, mampu memecahkan masalah, rasional dan menguasai ketrampilan abad 21,” terang dia.

Indra menerangkan, desain Mapel Informatika masuk dalam prakarya untuk jenjang SMP dan simulasi digital untuk jenjang SMA. Dia berharap pemerintah bisa mendesain Mapel baru ini memenuhi kebutuhan pendidikan di era modern.

“ Kalau dulu Mapel TIK mendidik anak belajar mengetik dari komputer. Kalau Informatika mengajarkan anak membuat aplikasi dan menciptakan hal baru.”(nas)


TOPIK BERITA TERKAIT: #indra-charismiadji #penerapan-mapel-informatika #tik 

Berita Terkait

IKLAN