Rabu, 21 November 2018 11:35 WIB
pmk

Internasional

Jepang Bakal Daratkan Robot di Asteroid Rygu

Redaktur: Redjo Prahananda

Asteroid Ryugu (wwn.eu)

INDOPOS.CO.ID - Badan antariksa Jepang atau Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) bakal mendaratkan pesawat pendarat robot tanpa awak di permukaan asteroid berjarak 300 juta kilometer dari bumi. Rencana pendaratan robot itu berlangsung bulan depan.

Rencana itu melibatkan Hayabusa-2. Sekarang , Hayabusa-2 menjadi pesawat ruang angkasa Jepang. Pesawat inj mengorbit di sekitar asteroid Ryugu berbentuk berlian. Membutuhkan waktu 3,5 tahun untuk mencapai asteroid ini.

Pada 21 September 2018 mendatang, Hayabusa-2 bakal menyebarkan dua pesawat pendarat ke asteroid itu. Selama berada di asteroid mereka mengumpulkan sampel dan melakukan eksperimen.

Kemudian dalam misi tersebut, pesawat ruang angkasa itu mendarat di asteroid setelah meniup kawah kecil di dalam menggunakan bahan peledak, sehingga sampel dapat dari bawah permukaan objek.

Dalam keterangan resmi, JAXA mengatakan, kalau berhasil ini menjadi misi pengembalian sampel pertama di dunia ke asteroid tipe C. Ilmuwan Jepang sedang berupaya mengalahkan NASA untuk pencapaian bersejarah itu, dengan misi pengambilan sampel oleh Hayabusa-2 pada 2020 mendatang.

Ilmuwan percaya, asteroid ini dmengandung harta karun kaya informasi tentang pembentukan tata surya miliaran tahun lalu.

Dengan mengeksplorasi asteroid tipe C, kaya air dan bahan organik, Jepang bakal mengklarifikasi interaksi antara blok bangunan bumi dan evolusi lautan dan kehidupan. “Dengan demikian, penelitian ini bisa mengembangkan sains tata surya," kata JAXA dalam keterangan seperti dimuat CNN.(mel/rmol/jpg/ind)


TOPIK BERITA TERKAIT: #asteroid-rygu #jepang-bakal-daratkan-robot-di-asteroid-rygu 

Berita Terkait

IKLAN