Senin, 24 September 2018 08:41 WIB
pmk

Megapolitan

Pemkab Bandung Pakai Belatung, untuk...

Redaktur: Redjo Prahananda

Bupati Bandung Dadang M Nasser saat mengecek pembudidayaan maggot dan belatung di Bandung (jpg)

INDOPOS.CO.ID - Belatung selama ini dianggap sebagaian orang sebagai hama. Namun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung justru mulai mengoptimalkan belatung untuk mengelola sampah organik di wilayah mereka.

Bupati Kab. Bandung, Dadang M. Naser menyebut belatung itu dapat mengurai sampah sekaligus bisa menjadi pakan hewan berprotein tinggi. “Hewan dengan nama magot ini merupakan larva dengan perkembangbiakan sangat cepat memakan berbagai macam sampah organik," ujar dia beberapa waktu lalu di Bandung Jawa Barat.

Menurut Dadang, kalau belatung dan maggot berkembang secara serius, selain mengurangi timbulan sampah organik sangat bagus untuk dioptimalkan menjadi pakan ternak hewan.

"Sampah sisa sayuran, buah, daging, atau sisa makanan sehari-hari jangan dibuang begitu saja, tapi dipisahkan ke dalam LCO (Lubang Cerdas Organik)," tutur Dadang.

Dalam kurun waktu tertentu, lanjut dia, sampah yang terkumpul di LCO itu akan dipenuhi lalat lalu bertelur. Larva itu kata Dadang bisa hancurkan sampah organik.

"Pembudidayaan magit (belatung) melalui sampah organik merupakan salah aktivitas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat sebagai upaya pengelolaan lingkungan.”

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu berjanji bakal terus melakukan inovasi , termasuk dalam mengoptimalkan sampah.(jto/rmol/jpg/ind)


TOPIK BERITA TERKAIT: #mengoptimalkan-belatung-untuk-mengelola-sampah-organik #dadang-m-naser 

Berita Terkait

IKLAN