Minggu, 18 November 2018 06:03 WIB
pmk

Hukum

Eni Beri Rp 2 M ke Munaslub, Golkar: Tanggung Jawab Individu

Redaktur: Redjo Prahananda

INDOPOS.CO.ID - Tersangka kasus suap Eni Maulani Saragih (EMS) mengakui dana Rp 2 M dari proyek PLTU-1 Riau dia salurkan ke Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar.

Pengakuan Eni mendapat respons dari Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu Sumatera DPP Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia. Ahmad menegaskan, tindak pidana korupsi menjadi tanggung jawab oknum.

“Tidak ada praktik korupsi dilakukan atas nama atau menjadi tanggung jawab institusi. Karena itu, pertanggung jawaban di depan hukum dilakukan oleh oknum terindikasi melakukan tindak pidana korupsi itu,”ujar Ahmad.

Menurut Ahmad, kalau oknum memberikan hasil korupsi kepada institusi, tetap individu tersebut. “Kalau muncul dugaan, hasil praktik korupsi dari oknum itu kemudian disumbangkan kepada institusi, tetap tanggung jawab individu,karena institusi tidak tahu menahu soal asal-usul atau sumber dana itu”papar Ahmad

Ahmad menuturkan, partai Golkar dalam menyelenggarakan setiap kegiatan selama ini selalu di support secara kolektif dari sumbangan pengurus dan panitia tidak mengikat. Tidak etis menanyakan asal usul sumber dana bantuan dari individu Munaslub.

Namun, dia membenarkan, waktu itu tersangka kasus suap PLTU Riau-1, Eni Saragih menjabat sebagai Bendahara Panitia Munaslub 2017. Ahmad menjelaskan, tidak etis menanyakan asal usul sumber dana bantuan dari individu Munaslub.

“Eni sebagai bendahara panitia tentu tugasnya adalah mengumpulkan dana melalui sumbangan-sumbangan itu, termasuk sumbangan dari dia.”(cr-1)


TOPIK BERITA TERKAIT: #golkar #eni-beri-rp-2-m-ke-munaslub #kasus-suap-eni-maulani-saragih-ems 

Berita Terkait

IKLAN