Sabtu, 22 September 2018 08:15 WIB
pmk

Liga Italia

Bukan CR7, Tapi CR5,5

Redaktur:

Cristiano Ronaldo.

INDOPOS.CO.ID - Italia milik Cristiano Ronaldo (CR7) Jr. Tidak bagi Cristiano Ronaldo (CR7) Senior. Sama-sama membela Juventus dan bernomor punggung 7, kemarin WIB (2/9) CR7 Jr langsung membuka musimnya di Italia dengan empat gol. Bertanding di tim Pulcini Juve (U-9), keempat gol CR7 Jr jadi kunci kemenangan 5-1 atas sesama tim Pulcini Lucento, di Vinovo.         

Tapi, ayahnya CR7 Sr, masih bekerja keras mencari gol pertama Serie A-nya yang belum juga datang saat bertanding melawan Parma di Ennio Tardini, Parma, Minggu dini hari kemarin WIB. Juve meneruskan tren menangnya di tiga giornata Serie A dengan skor tipis 2-1. Meski di laga itu dia tetap jadi yang terbanyak mengancam gawang lawan.

Total delapan tembakan dia lakukan ke gawang Luigi Sepe. Sampai tembakan ke-23-nya di Serie A pada menit ke-71, Ronaldo tetap zero. Mario Mandzukic justru yang mampu menjadi kunci La Vecchia Signora dengan golnya di menit kedua, dan assist-nya ke Blaise Matuidi pada menit ke-58. Sebelum gol Matuidi, Parma sempat menyamakan kedudukan dari Gervinho, pada menit ke-33.

Begitu susahnya pemain termahal Juve yang didatangkan dengan banderol EUR 100 juta (Rp 1,7 triliun) itu untuk pecah telor golnya di Serie A, Corriere dello Sport sampai menuliskan judul “CR5,5” di halaman depannya. Angka 5,5 itu rating performa Ronaldo menurut versi dari media yang berbasis di Roma tersebut.

''Dia hanya kurang beruntung petang ini. Tetapi, kami akan membantunya, masih banyak waktu untuknya,'' sebut Matuidi, dalam wawancaranya kepada DAZN. Begitu kurang beruntung dia dalam lawatannya pertama di Ennio Tardini itu, bomber yang tiga kali jadi Pichichi La Liga itu hanya bisa sekali menembak tepat sasaran.

Ronaldo, ungkap Matuidi, sudah mulai frustrasi dengan susahnya dia menyudahi tren tak berhasil mencetak gol di Serie A sampai tiga giornata pertama. ''Itu (gagal mencetak gol) sudah  sedikit menganggunya. Semoga gol itu akan datang,'' harap Matuidi. ''Dia bermain di kompetisi yang baru. Dia pasti juga ingin mencetak golnya,'' lanjut winger Juve, Douglas Costa.

Mandul dalam tiga laga pertama ini seperti tiga laga pertamanya CR7 di Premier League 2003-2004. Padahal, untuk mendapatkan ketajamannya Ronaldo kembali, Massimiliano Allegri sebagai allenatore-nya Juve sudah mengembalikan kapten timnas Portugal itu ke sisi kiri, sama seperti posisinya semasa di Real Madrid. Bukan jadi nomor 9 seperti di giornata pertama.

Ciro Ferrara, legenda Juve, sudah mengingatkan Ronaldo. ''Serie A lebih sulit ketimbang La Liga,'' seru Ferrara yang pernah membesut Juve di musim 2009-2010 itu kepada Il Corriere. Selain masih beradaptasi dengan gaya main yang beda antara klub-klub La Liga dan Serie A, di Serie A dia menghadapi bek-bek yang lebih tangguh ketimbang di La Liga.

''(Serie A) lebih taktikal, dan lebih terorganisir, sekalipun itu klub-klub kecil,'' klaim pria yang pernah jadi asisten Marcelo Lippi saat membawa Italia jadi kampiun Piala Dunia 2006 itu. ''Tiap-tiap striker pasti menghadapi kesulitan berbeda di Serie A. Namun keseluruhan dia masih bagus,'' ungkap Allegri, terpisah.

Dia masih yakin Ronaldo bisa meledak secepatnya. Belajar dari musim terakhir Ronaldo  di La Liga musim lalu. Ronaldo juga mandul di tiga jornada pertama La Liga. Bahkan Ronaldo sampai melakukan 28 tembakan untuk bisa pecah telur. Di akhir musim, dia mencetak 26 gol di 27 jornada dia main. ''Saat jeda internasional (dimulai pekan ini) kami akan membantunya agar dia kembali lebih tajam,'' janji Allegri, dikutip Football Italia. (ren)


TOPIK BERITA TERKAIT: #cristiano-ronaldo #juventus #serie-a #liga-italia 

Berita Terkait

Sudah Minta Maaf, Winger Juventus Tetap Kena Denda

Liga Italia

Jamu Parma, Icardi Ingin Pecah Telur

Liga Italia

Jamu Parma, Icardi Ingin Pecah Telur

Liga Italia

Juventus Resmi Perpanjang Kontrak Sami Khedira Hingga 2021

Total Football

Tak Kunjung Cetak Gol, Wanda Nara Sindir CR7

Total Football

IKLAN