Kamis, 15 November 2018 02:12 WIB
pmk

makanmakan

Simpel Menggoda Rasa

Redaktur:

Foto: Zulhaidah Bahar/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Tidak ada habisnya sajian kuliner Indonesia disuguhkan. Aneka variasi dihidangkan, mulai dari makanan tradisional, hingga makanan rumahan yang sangat mudah diolah. Jika ditanya apa sajian paling favorite dari dapur Indonesia? Sebagian orang mungkin akan menjawab nasi goreng. Tidak peduli buatan sendiri, buatan gerobak dorongan yang berjualan pada malam, buatan warung tenda, atau bahkan buatan hotel bintang 5 sekalipun, nasi goreng memang menjadi  salah satu hidangan yang paling digemari semua kalangan. Di indonesia sendiri, hampir semua daerah memiliki variasi nasi goreng dengan keunikannya masing-masing. Seperti Makassar dengan nasi goreng merahnya. 

Di jakarta sendiri, olahan nasi goreng memiliki warna kecoklatan. Testurnya yang lembut, aroma yang semerbak ketika diolah, sungguh sangat menambah selera makan. Berada di Kedai 54, tim INDOPOS bekesempatan menikmati menu nasi goreng khas mereka.

Untuk mencari kedai ini, tidak begitu sulit. Kalian cukup maps ke Jalan Benda Raya No. 54 D, Jeruk Purut, Kemang, Jakarta. Kedai tersebut, tepat diantara jejeran ruko yang memiliki nomor yang sama.  Lantas tidak ribet untuk menemukannya. 

Di sini, nasi goreng 54 menjadi menu andalan, “Hampir setiap pengujung yang ke sini, pasti pesan nasi goreng,” ucap Siska Adhelia, selaku owner kedai 54.

Ketika nasi goreng datang, dari tampilan memiliki warna orange kecoklatan. Aroma nasi goreng yang keluar pun membuat rasa ingin segera melahapnya. Sesuap pun saya sendokkan, dilidah hadirkan kelembutan yang begitu enak. Rasa gurih dan sedikit pedas ditawarkan oleh olahan yang terkenal ini. Balutan rempah membuat sensasi gurih yang enak. Sehingga sangat nikmat di mulut karena terpadu oleh rempah khas nusantara. “Bumbunya umum seperti yang dibuat,” ucapnnya.

Nasi goreng tak lengkap jika disajikan tanpa ada isi. Di kedai 54, nasi goreng ditambah dengan sosis telur dan bakso. Disebut proses  pengolahan nasi goreng ini tidak terlalu sulit. Mulai dari pemilihan bahan, hingga penumisan bumbu. “Bumbu ditumis terlebih dahulu agar aroma lebih harum. Setelah itu masukkan telur, sosis dan bakso yang sudah dipotong kecil. Lanjutnya masukkan nasi. Tak lupa bumbu dasar,” jelasnya.

Setelah nasi goreng matang, selanjutnya hidangan ini disajikan dengan sangat sederhana, seperti nasi goreng pada umumnya. Dengan tambahan telur setengah matang, selada, dan tomat. Dengan merogoh kocek yang tidak terlalu mahal, kalian sudah bisa menikmati makanan ini.

Ternyata tidak hanya itu, nasi goreng ini ternyata ada sajian untuk vegetarian. “Ya, jadi isinya  lebih dominan sayuran-sayuran,” tambah siska

Siska juga menjelaskan, jika setiap pagi banyak bule yang sarapan disini.  Ada yang pesan sandwich, telur, bahkan nasi goreng vegetablenya juga. “Kami kan sudah buka dari jam 8 pagi, dan sekitar sini banyak bule lalu lalang. Kadang mereka sarapan juga disini,” tuturnya.

Kedai 54 yang buka mulai pagi ini, menyajikan beberapa menu sarapan. Hingga jam 10 malam,  kedai ini masih ramai. Karena lokasi yang strategis, ditambah suasana kedai yang minimalis. Terasa tenang ketika berasa di dalam. (cr-3)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kuliner #indoposmakan-makan 

Berita Terkait

Menu Tradisional di Hotel Berbintang

makanmakan

Mereguk Khasnya Citarasa Teh Specialty

Jakarta Raya

Berinovasi dengan Cokelat

makanmakan

IKLAN