Rabu, 14 November 2018 10:07 WIB
pmk

Nasional

Presiden RI : Bangun Kembali NTB dengan Rumah Tahan Gempa

Redaktur:

Presiden Joko Widodo memimpin Apel Siaga NTB Bangun Kembali di Lapangan Sepakbola Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

INDOPOS.CO.ID - Kunjungan hari kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi), ke Lombok untuk meninjau percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa Lombok dan Sumbawa. Jokowi memastikan pembangunan kembali rumah harus tahan gempa.

Sesuai Inpres No. 5 tahun 2018 pembangunan kembali rumah dan fasilitas yang rusak harus cepat selesai agar segera berfungsi dan kehidupan masyarakat kembali berjalan normal.

"Boleh membangun rumah tipe apa saja dari batako, batu bata atau kayu, asalkan konstruksinya tahan gempa" ujar Jokowi saat memimpin langsung Apel Siaga NTB Bangun Kembali di Lapangan Sepakbola Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Senin (3/9/2018).

Jokowi menurututkan, bahwa dalam membangun kembali bangunan yang tahan gempa harus didampingi ahli konstruksi gempa. Pembangunan rumah kembali harus segera dilakukan sebelum musim hujan tiba.

"Saya serahkan pembangunan rumah kepada Kementerian PUPR. Saya akan terus cek dan kontrol perkembangan pembangunan rumah-rumah yang rusak," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Dalam laporannya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan,
saat ini tengah dilakukan mobilisasi penempatan fasilitator dan pelatihan fasilitator untuk pembuatan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) di 20 lokasi untuk percontohan bagi masyarakat.

"Untuk mendukung percepatan depo bangunan akan dibangun di lokasi-lokasi strategis kecamatan, dengan harga yang terjangkau. Ditargetkan 6 (enam) bulan ke depan akan selesai dengan cara swakelola dan gotong royong" jelas Basuki.

Progres pekerjaan Kementerian PUPR melakukan perbaikan dan pembangunan kembali pascabencana, antara lain jalan dan pembersihan jembatan, longsoran di Km 60-64, Km 100 sudah selesai.

Dari 12 yang diperbaiki, 10 jembatan sudah selesai di Kali Padet, Panggung, Lokok Koangan, Sapit II, Embar-Embar, Sokong A, Lempenge I, Luk I, Sidutan dan Segundi. (cr-2)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #presiden-jokowi #gempa-lombok 

Berita Terkait

CBA Minta Pemerintah Tidak PHP Korban Gempa Lombok

Nasional

Gelar Acara Mewah, PHP Korban Gempa

Nasional

Kemensos Kehabisan Dana untuk Lombok

Headline

200 Unit Rumah Tahan Gempa Dibangun di Lombok

Nasional

IKLAN