Kamis, 15 November 2018 05:10 WIB
pmk

Kesehatan

Ini 7 Langkah yang Harus Dilakukan untuk Hindari Penggunaan Plastik

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Tak bisa dipungkiri kalau penggunaan plastik sangat merugikan untuk keberlangsungan lingkungan, baik di masa sekarang maupun untuk masa depan. Bahkan polusi plastik telah mengotori lautan pada tingkat yang mengkhawatirkan, yakni sekitar 245 ribu ton sampah mengambang dipermukaannya.

Dilansir dari Harper Bazaar, beberapa negera seperti Inggris berencana mendaur ulang setidaknya 50 persen limbah plastik rumah tangga pada 2020. Namun masih ada cara lain yang dapat dilakukan di rumah untuk mengurangi sampah plastik.

Apa saja itu? Simak 7 langkah mudahnya.

1. Berpikir sebelum Membeli

Pikirkan tentang daftar belanja Anda dan hindari membeli plastik sekali pakai seperti botol air. Sebagai gantinya beli satu botol yang bisa digunakan lagi esok. Hindari barang-barang yang dikemas dengan plastik seperti buah dan sayuran dan pilih produk dengan kemasan segar.

2. Beli Kantong Belanja

Sangat mudah untuk mengurangi kantong plastik saat belanja. Caranya dengan membeli tas belanja khusus yang mudah dilipat dan disimpan. Suatu saat Anda berbelanja, dapat kembali menggunakan tas tersebut.

3. Hindari Zat Microbeads

Microbeads ditemukan dalam produk kecantikan kita sehari-hari seperti produk pencuci muka dan pasta gigi. Sisa barang ini perlahan akan bermuara di lautan yang kemudian dimakan oleh biota laut.

4. Bijak Berbelanja

Membeli makanan atau barang apa pun dalam jumlah besar akan lebih efektif karena menggunakan sedikit kemasan daripada membeli sedikit produk namun lebih sering. Anda dapat menyimpan makanan seperti sereal atau pasta dalam kantong belanja khusus untuk turut menjaga lingkungan dan juga menghemat uang Anda dalam jangka panjang.

5. Masak Sendiri

Dengan memilih memasak dari awal dengan bahan-bahan segar di rumah, Anda menghindari makanan siap saji, take away, dan makanan berkemasan plastik lainnya. Ini akan memotong konsumsi plastik, menghemat uang, dan mengonsumsi makanan yang lebih sehat.

6. Hindari Tisu Basah

Tisu basah dan tisu bayi dibuat dengan resin plastik dan menyumbat saluran ketika mereka disiram ke toilet. Pemerintah sedang membicarakan upaya penghapusan tisu, sehingga kita terbiasa hidup tanpa tisu basah.

7. Hindari Pakaian Berbahan Plastik

Pakaian dapat mengandung plastik juga, seperti serat sintetis, poliester, dan lycra yang memiliki serat mikroplastik. Jadi pilihlah serat alami seperti katun, linen, dan wol untuk mencegahnya.(ce1/fid/jpc/ind)


TOPIK BERITA TERKAIT: #langkah-kurangi-penggunaan-plastik 

Berita Terkait

IKLAN