Kamis, 20 September 2018 09:54 WIB
pmk

Indosport

Momen Bentuk Kerangka Tim Garuda Asia

Redaktur:

MASALAH FINISHING - Pemain Timnas Indonesia U-19 saat berlatih di Stadion Jenggolo, Sidoarjo (8/8). Dipta Wahyu/Jawa Pos

INDOPOS.CO.ID – Timnas Indonesia U-16 hari ini bakal melakoni uji coba keduanya jelang turun di Piala AFC U-16, Kuala Lumpur. Lawannya adalah tim binaan dari Selangor FC, yakni Felda FC U-17. Uji coba kali ini diharap bisa benar-benar mematangkan cara bermain David Maulana dkk sebelum melakoni uji coba internasional melawan Oman pada 12 September mendatang.

Pelatih Timnas Fakhri Husaini menerangkan, melawan Felda FC dirinya akan tetap memainkan seluruh skuadnya. 23 pemain yang dipersiapkan untuk ikut Piala AFC U-16 akan dicoba semuanya. ’’Saya ingin melihat semua pemain, untuk membentuk kerangka tim,’’ jelasnya.

Nah, Fakhri menjelaskan, untuk lawan Felda FC U-17, dirinya benar-benar akan melihat aspek teknik anak asuhnya. Sebab, aspek tersebut dirasa masih banyak kekurangan dari hasil evaluasi pada uji coba sebelumnya, yakni melawan Sime Darby FC U-17 pada jumat (31/8) kemarin.

’’Saya tidak lihat hal lain, hanya 4 aspek (fisik, strategi, mental, teknik) yang saya evaluasi. Kali ini teknik yang paling saya ingin benahi,’’ bebernya.

Dari pertandingan lawan Sime Darby, Fakhri melihat anak asuhnya masih sering kehilangan bola di lini tengah dan depan. masih belum bisa berpikir cepat untuk mengalirkan bola antar lini. ’’Ini harus segera diperbaiki, sangat jelas kelemahannya di situ,’’ tegasnya.

Apalagi Garuda Asia dikenal dengan penguasaan bola yang baik selama ini. jika sering kehilangan bola, bukan tidak mungkin lawan-lawannya di Piala AFC U-16 nanti akan memanfaatkan kesalahan tersebut untuk bisa menang. apalagi dari segi kualitas, meski jadi jawara AFF U-16, Timnas bakal melawan tim-tim yang levelnya jauh lebih tinggi nantinya.

Selain itu, pelatih 53 tahun itu juga menyoroti penyelesaian akhir. Ketika melawan Sime Darby FC U-17 misalnya, begitu banyak peluang tercipta. namun, hanya 4 gol yang mampu diceploskan ke gawang lawannya. ’’Kami memang menang dan tidak kebobolan. Tapi, saya lihat penyelesaian akhir masih jadi kendala. Harus diperbaiki,’’ terangnya.

Timnas Indonesia U-16 memang memikul beban berat jelang turun di Piala AFC U-16. Target tembus 4 besar dicanangkan oleh PSSI. Target yang nantinya bakal meloloskan Timnas untuk bisa berlaga di Piala Dunia U-17 di Peru tahun depan.

Tentu hal tersebut tidaklah mudah. Lawan-lawannya pasti akan lebih sulit. Sebab, hampir seluruh kontestan banyak melakukan training camp di luar negeri sebelum bertanding di Piala AFC U-16. Misalnya saya Thailand U-16 yang TC di Spanyol dan melakukan uji tanding dengan beberapa klub junior La Liga.

Sedangkan Timnas, hanya melakoni TC di Medan. Tujuannya untuk beradaptasi suhu ketika nanti bermain di Kuala Lumpur. Tapi, tempat latihan yakni Stadion Teladan pun sering dikritik Fakhri karena tanahnya terlalu keras. (rid/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #timnas-indonesia-u-16 #piala-afc-u-16 

Berita Terkait

Indonesia vs Malaysia, Saatnya Balas Dendam

Liga Indonesia

Indonesia vs Timor Leste, Momentum Fakhri Rotasi Skuat

Liga Indonesia

Vietnam vs Indonesia, Misi Amankan Tiket Semifinal

Liga Indonesia

IKLAN