Rabu, 14 November 2018 05:47 WIB
pmk

Megapolitan

Limbah Kiriman Ancam Kali Bekasi

Redaktur:

Air kali bekasi sudah berubah hijau setelah ditutupi buih tebal, Selasa (4/9/2018). Foto: deny/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Ancaman pencemaran limbah di Kali Bekasi kian mengkhawatirkan. Sebab, aliran sungai di wilayah hulu masih bewarna hitam pekat dan mengeluarkan aroma tak sedap. Kemungkinan air yang diduga tercampur limbah industri itu akan sampai ke Kota Bekasi saat hujan tiba.

"Bisa sampai kapan saja, tapi kalau sudah hujan tiba maka dorongan air sangat cepat, dan bisa mencemari bantaran Kali Bekasi," kata Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi dan Cikeas, Puarman, kepada INDOPOS.CO.ID, Selasa (4/9/2018).

Puarman mengaku, pantauan dari Sungai Cileungsi dalam beberapa hari ini sudah menghitam dan mengeluarkan aroma tak sedap. Kemungkinan aliran tersebut sudah tercemar limbah domestik. "Kami sudah pantau dari kemarin. Airnya sudah berubah hitam pekat, dan bau," ujarnya.

Sejauh ini, Sungai Cileungsi yang menjadi hulu Kali Bekasi kata Puarman belum bersih dari limbah. Dampaknya, pada Senin (3/9/2018), limbah terseret hujan lebat di Bogor. "Dalam hitungan jam, limbah sampai ke Bekasi melalui aliran Kali Bekasi," paparnya.

Namun, Puarman mengaku, perubahan warna air di Kali Bekasi sudah mulai kembali normal di Bendungan Hasibuan Bekasi Timur, pada Selasa (4/9/2018) pagi. Buih atau busa yang sebelumnya menutupi permukaan sungai sudah hilang. "Air Kali Bekasi sudah hijau lagi," tandasnya. (dny)


TOPIK BERITA TERKAIT: #limbah #limbah-kiriman-ancam-kali-bekasi 

Berita Terkait

IKLAN