Kamis, 20 September 2018 02:33 WIB
pmk

Nasional

Indonesia Tolak Visa WN Israel, Begini Komentar Imigrasi

Redaktur: Redjo Prahananda

Foto: Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi menyampaikan, visa menjadi bagian dari kesepakatan kedua negara.

"Imigrasi menjalankan tugas berkaitan dengan lalu lintas keluar masuk orang ke wilayah Indonesia serta pengawasan menjaga kedaulatan negara," jelas Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi, Agung Sampurno kepada INDOPOS, Selasa (4/9/2018). 

Agung menanggapi pemberitaan penolakan permohonan visa Republik Indonesia oleh warga negara Israel. Polemik ini viral di media sosial dan media massa.

Dia menjelaskan, Indonesia memiliki hak menolak permohonan visa WNA karena beberapa alasan antara lain tercantum dalam daftar penangkalan, tidak memiliki biaya hidup cukup, mempunyai penyakit menular berbahaya, dan terlibat tindak pidana transnasional.

Kalau Indonesia menolak visa WNA, keputusan tersebut membuktikan, Indonesia negara berdaulat. Indonesia bebas memberi izin atau melarang WNA memasuki wilayah NKRI.

"Bisa jadi WNA tersebut tidak memenuhi persyaratan dan ketentuan yang ada atau tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia," imbuhnya. 

Agung menganalogikan, visa merupakan pintu bagi siapa saja bila ingin masuk ke rumah. Pemilik rumah memiliki wewenang penuh mengizinkan atau melarang orang asing masuk ke dalam rumah.

"Begitu juga dengan visa, tidak ada satu pihak bisa mengintervensi. Bahkan, negara bisa menolak pejabat publik masuk ke suatu negara. Penolakan visa keputusan wajar.” (ydh)


TOPIK BERITA TERKAIT: #visa-wn-israel-ditolak 

Berita Terkait

IKLAN