Jumat, 16 November 2018 04:24 WIB
pmk

Nasional

Ceremony Asian Games Habiskan Setengah Triliun

Redaktur: Redjo Prahananda

Herty Purba mengaku puas dengan ceremony Opening dan Closing Asian Games 2018. Bambang/indopos

INDOPOS.CO.ID - Direktur Ceremony Asian Games 2018   Herty Purba,  mengaku bangga karena pembukaan dan penutupan Asian Games berjalan aman dan lancar.

Selain itu, lebih penting, antusias masyarakat terhadap acara tersebut juga  sangat tinggi. “Puji Tuhan, semuanya berjalan lancar hingga penutupan. Kami ucapkan terimakasih kepada masyarakat," ujar Herty Purba kepada INDOPOS di kantor, FX lantai 12 Jakarta, Selasa (3/9).

Dia mengungkapkan, acara ceremony baik pembukaan maupun penutupan dibuat berstandar internasioal. Karena itu, jelasnya, biaya yang djkeluarkan tidak sedikit. " Sekitar 32 Juta USD atau setara 500 miliar lebih. Itu sudah termasuk ceremony pembukaan dan penutupan." kata Herty.

Menurut dia, dana sebesar itu digunakan untuk membiayai seluruh keperluan  ceremony pembukaan dan penutupan. Misalnya, membayar, panggung, proverti, lighting, multimedia, artis lokal maupun luar negeri, 5000 penari, dan anak sekolah

 "5000 penari saja mendapat  Rp 300.000/orang atau sama dengan honor volunter.  Belum lagi untuk anak sekolah dengan jumlah mencapai ribuan diberikan makan dan uang  transport  50.000 / orang. Mereka mendapat bayaran bukan pada saat tampil saja, melainkan sewaktu latihan," papar dia.

Sedangkan, bayaran artis lokal dan luar negeri juga berbeda. Namun, rate (harga) memang agak di bawah standar bukan seperti mereka tampil di acara lain. "

Misal, Super Junior, mereka bersedia tampil kendati mendapat bayaran rendah event  Asian Games. “Mereka juga bangga tampil”

Dia menambahkan, seluruh item acara ceremony diserahkan semuanya  kepada event organizer (EO). Termasuk penampilan artis lokal maupun luar negeri. " Pembayaran untuk artis lokal dan luar negeri diurus melalui EO masing-masing. “Kami berhubungan dengan EO saja tidak langsung dengan artisnya,"papar Herty. (bam)


TOPIK BERITA TERKAIT: #asian-games-2018 

Berita Terkait

IKLAN