Minggu, 18 November 2018 03:20 WIB
pmk

Kesehatan

Tiga Langkah Antisipasi Gangguan Tidur karena Gadget

Redaktur: Redjo Prahananda

Ilustrasi sulit tidur. Foto: INT

INDOPOS.CO.ID - Kalau Anda selalu terpaku dengan gadget bahkan sampai menjelang waktu tidur, segera hentikan kebiasaan ini sekarang juga.

Karena penggunaan HP terlalu berlebihan, apalagi menjelang waktu tidur bisa mendatangkan segudang dampak buruk kesehatan. Berikut 3 tips untuk mengatasi gangguan tidur.

1. Tempatkan gawai Anda jauh dari tempat tidur

Hindari meletakkan gawai pada tempat yang mudah dijangkau tangan. Semakin jauh letak gawai, semakin kecil pula keinginan Anda untuk mengambil dan memainkannya.

2. Buat jadwal tidur teratur

Buatlah jadwal tidur yang tetap dan dilakukan secara teratur. Ini artinya, Anda harus tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya. Jangan habiskan waktu terlalu lama di tempat tidur.

3. Alihkan perhatian

Jangan terpaku dengan gadget, apalagi menjelang waktu tidur. Untuk ini, buatlah lingkungan kamar Anda senyaman mungkin, cuma Anda gunakan untuk tidur. Jaga kamar tidur setenang dan segelap mungkin. Hindari cahaya terlalu terang sewaktu Anda tidur.

Ingatlah, menggunakan gawai tidak selalu mendatangkan manfaat. Apalagi, Anda sering menggunakannya menjelang tidur. Karena itu, mulai dari sekarang untuk membatasi diri Anda dari paparan benda canggih satu ini. (nb/rvs/klikdokter/jpnn/ind)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #kesehatan 

Berita Terkait

Jangan Biarkan Kanker Meredupkan Mimpi

Jakarta Raya

Hampir Capai Seratus Persen

Jakarta Raya

Anak Sering Mual dan Muntah, Waspadai Ginjal

Jakarta Raya

Radang Sebabkan Gigi Cepat Ompong

Jakarta Raya

Kuncinya, Gizi Seimbang Ditambah Susu

Jakarta Raya

Dehidrasi Sebabkan Batu Ginjal

Jakarta Raya

IKLAN