Senin, 24 September 2018 05:23 WIB
pmk

Total Sport

Cabor Gagal Target Batal Berangkat ke Multi Event

Redaktur: Redjo Prahananda

Menpora Imam Nahrawi memberikan sanksi kepada cabor gagal target tidak diberangkatkan ke multievent. Foto: Bambang/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Meski melampaui target medali di Asian Games, tapi Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan tetap mengevaluasi dan memberi sangsi cabang olahraga (cabor) gagal target dan tidak menyumbang medali.

Menteri Pemuda dan Olahraha (Menpora) Imam Nahrawi menegaskan, terdapat beberapa cabor semula diprediksi, bahkan berani menjanjikan bakal meraih medali emas, tetapi justru mereka tidak satu pun menyumbang emas untuk kontingen Indonesia.

"Kami bakal evaluasi Asian Games 2018 mengenai perolehan medali mana yang belum sesuai target, sehingga akan ada konsekuensi yang sama-sama kita emban," kata Menpora di Jakarta, Rabu (4/9).

Beberapa cabang yang gagal merebut medali emas di Asian Games 2018 antara lain renang dan bridge. Perenang I Gede Siman Sudartawa diprediksi meraih gelar juara di nomor 50 meter gaya punggung, namun gagal.

Sementara itu, induk cabang olahraga bridge (Gabsi) menargetkan 2 medali emas, namun yang terjadi gagal dan hanya menyumbang 4 medali perunggu.

Beberapa cabang olahraga lain juga gagal mewujudkan target emas. Meski demikian, jumlah medali emas tetap tercapai karena medali emas disumbang dari nomor bukan andalan. Misal, medali emas dari nomor tunggal putra cabang bulutangkis.

Sekretaris Kempora, Gatot S. Dewa Broto mengatakan sedang menyusun peraturan tentang hadiah dan hukuman kepada cabang berprestasi dan gagal memenuhi target. Nanti bakal punishment tapi nanti akan dibicarakan lebih lanjut.

Pemerintah tidak memperjuangkan cabor dengan kategori gagal. Bridge harus dievaluasi, jika ada multi event lagi tidak akan kami perjuangkan. Level Asia Tenggara saja kalah dari Singapura, ini adalah hukuman untuk mereka.

“Sementara jetski masih bisa dimaklumi karena kegagalan mereka untuk meraih emas karena kerusakan mesin. Target mereka 2 emas dan didapat 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu," kata ungkap Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kempora, Mulyana.

Sementara itu, INDOPOS, beberapa cabor sama sekali tidak mendapat medali antara lain, bowling, sambo, hoki, ruqby, voli indoor, kabadi, basket putra-putri, menembak, jujitsu, kempo, aquatic, pentathlon, Triatlon, sepakbola putra-putri. (bam)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #kemenpora-ri #menpora-imam-nahrawi 

Berita Terkait

IKLAN