Sabtu, 22 September 2018 06:21 WIB
pmk

Internasional

Krisis di Venezuela, Negara Amerika Latin Upayakan Bantuan Segera

Redaktur:

LAPAR- Warga asalVenezuela mengantre bantuan makanan di Simon Bolivar Square, Boa Vista, Brasil.FOTO: bloomberg.com

INDOPOS.CO.ID – Krisis Venezuela membuat negara-negara tetangga kelabakan. Menteri luar negeri (Menlu) negara-negara Amerika Latin berkumpul di Ekuador untuk membahas kondisi terkini negara yang dipimpin Presiden Nicolas Maduro tersebut. Eksodus warga Venezuela menjadi topik utama pertemuan dua hari itu.

”Penting bahwa setiap negara ikut ambil bagian dalam tanggung jawabnya masing-masing,” ujar Wakil Menteri Mobilitas Manusia Ekuador Santiago Chavez seperti dilansir The Straits Times. Kemarin pertemuan tersebut dihadiri Menlu Argentina, Brasil, Kolombia, Kosta Rika, Cile, Meksiko, dan Panama. Juga Menlu Paraguay, Peru, Uruguay, dan Republik Dominika.

Sebenarnya Menlu Venezuela dan Bolivia juga diundang. Tapi, dua negara itu memilih tak mengirimkan wakilnya. Kendati demikian, isu Venezuela akan tetap menjadi bahasan utama dalam pertemuan rutin tersebut.

Negara-negara Amerika Latin itu berharap bisa merumuskan jalan keluar bagi krisis kemanusiaan di Venezuela. Demi menyetop arus eksodus yang deras, negara-negara tersebut akan menggalang dana. Apalagi, pekan lalu Uni Eropa (UE) menjanjikan bantuan USD 35 juta (sekitar Rp 520 miliar). Bantuan itu tidak hanya akan diberikan pada Venezuela. Tapi juga ke negara-negara yang menampung warga Venezuela. Terutama Kolombia, Ekuador, dan Peru yang menerima pengungsi paling banyak. (sha/c25/hep/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #krisis-venezuela 

Berita Terkait

Venezuela Tambah Musuh, Usir Dubes Brasil dan Kanada

Internasional

IKLAN