Kamis, 15 November 2018 01:37 WIB
pmk

Internasional

Badai Jebi Seret Tanker 2.591 Ton

Redaktur:

AMUKAN BADAI - Sebuah truk berbobot puluhan ton terguling jembatan Seto Ohashi di Sakade, Pulau Shikoku Jepang, akibat diterjang Topan Jebi. AFP PHOTO/JIJI PRESS

INDOPOS.CO.ID – Jepang siaga. Badai Jebi menyapu Pulau Shikoku kemarin siang (4/9). Angin kencang tersebut lantas bergerak ke Pulau Honshu. Lebih dari satu juta penduduk terpaksa dievakuasi. Menurut NHK, enam penduduk tewas dan 90 lainnya luka-luka gara-gara Jebi. Sangat mungkin jumlah korban bakal bertambah.

”Segera ambil langkah untuk melindungi diri Anda,’’ ujar Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe sebagaimana dilansir BBC. Dia juga mengimbau warga siap-siap meninggalkan tempat tinggal mereka untuk menuju ke lokasi yang lebih aman. Kemarin, setelah Jebi menghantam Osaka Bay, Abe menggelar rapat darurat dengan kabinetnya.

Jebi merupakan badai terbesar yang melanda Jepang dalam waktu 25 tahun terakhir. Kecepatan angin mencapai 216 kilometer per jam saat badai kali pertama menyapa Osaka Bay. Saking dahsyatnya kekuatan badai, tanker seberat 2.591 ton di Osaka Bay terseret. Kapal tersebut sampai menabrak jembatan.

Untung tidak ada kru di dalam kapal tangki itu. Tetapi, jembatan yang tertabrak rusak parah. Akibatnya, infrastruktur yang menghubungkan bandara dengan pulau utama Shikoku tersebut ditutup.

Reuters melaporkan bahwa Jebi memaksa 800 penerbangan di Bandara Kansai ditunda. Sekitar 3 ribu turis pun harus menunggu hingga situasi aman. Sebab, badai juga mengakibatkan salah satu landasan pacu pesawat terendam air.

Kemarin layanan kereta api dan feri juga terhenti. Di berbagai titik tampak mobil-mobil terbalik dan bangunan-bangunan rusak. Beberapa foto dan video yang beredar luas di dunia maya menunjukkan gambar gelombang yang luar biasa tinggi di pesisir. (sha/c4/hep)


TOPIK BERITA TERKAIT: #cuaca-ekstrem 

Berita Terkait

Waspada Peralihan Cuaca Ekstrem di Kabupaten Bogor

Megapolitan

Topan Mangkhut Hantam Tiongkok, 2,4 Juta Warga Mengungsi

Internasional

Gempa Bumi Susul Badai Jebi

Internasional

Gerhana Bulan, Awas Gelombang Tinggi

Headline

Gelombang Panas Serang Jepang, 65 Tewas

Internasional

IKLAN