Jumat, 21 September 2018 03:31 WIB
pmk

Nasional

Kirab Obor Asian Para Games bakal Sambangi Sejumlah Kota Besar di Indonesia

Redaktur: Redjo Prahananda

Ketua Umum Inapgoc, Raja Sapta Oktohari (kedua dari kiri).

INDOPOS.CO.ID - Demi menggaungkan semangat olahraga melalui Asian Para Games 2018, Panitia Pelaksana Asian Para Games (Indonesia Asian Para Games Organizing Committee/Inapgoc) akan melakukan sosialisasi ke sejumlah kota besar di Indonesia dengan melakukan kirab obor (torch relay). Adalah Ternate yang menjadi titik pertama dimulainya perjalanan kirab obor pada 9 September mendatang sekaligus memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang ke-35. 

Dari Ternate, obor Asian Para Games akan bertolak menuju Makassar (Sulawesi Selatan), Bali, Pontianak (Kalimantan Barat), Medan, Pangkal Pinang (Bangka Belitung) dan terakhir singgah di Jakarta, 30 September mendatang. Namun sebelum bertolak ke Ternate, akan ada prosesi khusus pengambilan api yang berasal dari Mrapen, Jawa Tengah, Rabu (5/9/2018) ini.

Selanjutnya api akan di arak sejenak ke kota Solo dan kemudian di terbangkan menuju Ternate sebagai titik awal permulaan Kirab Obor Asian Para Games 2018. "Jadi Asian Para Games bukan satu bulan lagi, melainkan akan dimulai hari ini. Api akan diambil dari Mrapen dan di masukkan kedalam lentera," kata Ketua Umum Inapgoc, Raja Sapta Oktohari kepada wartawan, di Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (5/9/2018). 

Inapgoc juga akan menjaga demam Asian Games XVIII meski telah berakhir 2 September lalu. Kesuksesan perhelatan akbar multi event bergengsi empat tahunan itu pun membuat Inapgoc tinggal memoles sejumlah konsep yang telah diterapkan Inasgoc selaku penyelenggara Asian Games 2018. 

"Alhamdulillah kami terima kasih sama Inasgoc (Panitia Pelaksana Asian Games 2018) yang sudah mengantarkan sukses sehingga kita bekerja jadi lebih ringan," kata Oktohari. 

Guna menjaga demam masyarakat Asian Games di ajang Asian Para Games (APG) 2018, Inapgoc pun akan menjaga titik-titik penting seperti area festival untuk memanjakan para pengunjung yang datang ke kawasan Komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, pada 6 - 13 Oktober mendatang.

"Dengan mempertahankan area di GBK, itu adalah strategi kita untuk menjaga momentum. Ini merupakan euforia pasca dari Asian Games. Orang sudah mulai tanya bagaimana souvenirnya. Sekarang kita sudah menerima vendor-vendor yang tiba-tiba aktif," jelas pria yang akrab disapa Okto.

Asian Para Games 2018 akan dimulai 6 - 13 Oktober mendatang. Ada 18 cabang olahraga yang dipertandingkan di 19 venue. Berbeda dengan Asian Games 2018, Asian Para Games 2018 hanya digelar di Jakarta dan tak hanya berpusat di Gelora Bung Karno.

Rencananya opening Asian Para Games 2018 digelar Sabtu (6/10/2018) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, sementara closing digelar Sabtu (13/10/2018) di Stadion Madya Gelora Bung Karno. (rmn)


TOPIK BERITA TERKAIT: #asian-para-games-2018 #raja-sapta-oktohari #indonesia-asian-para-games-organizing-committee #inapgoc #kirab-obor #torch-relay 

Berita Terkait

IKLAN