Minggu, 23 September 2018 04:26 WIB
pmk

Headline

Sekjen Parpol Koalisi Prabowo - Sandi Serahkan 25 juta Data Pemilih Ganda ke KPU

Redaktur: Redjo Prahananda

Empat sekjen parpol pendukung Prabowo - Sandi menyerahkan 25 juta data pemilih ganda ke KPU. Foto : Jaa Rizka Pradana / INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Para sekjen partai politik koalisi Prabowo - Sandiaga Uno menyerahkan temuannya sejumlah 25 juta data pemilih ganda ke KPU RI dalam rapat pleno rekapitulasi DPT Nasional di Kantor KPU Menteng Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Sekjen PKS Mustafa Kamal, Sekjen Demokrat Hinca Panjaitan, dan Sekjen PAN Edy Suparno secara simbolis menyerahkan langsung temuannya ke Ketua KPU Arief Budiman untuk ditindaklanjuti.

Wakil direktur data riset PKS Pipin Sofyan yang ikut rombongan menuturkan bahwa data tersebut berasal dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang mereka terima pada 12 Juli 2018.

"Nilainya yang waktu itu diumumkan 182 juta (pemilih), tetapi yang kami terima hanya 137 juta," ujar Pipin.

Kemudian Pipin beserta koleganya mengolah 137 juta pemilih tersebut dengan menggunakan peranti lunak. Mereka mencari kesamaan data yang terdiri dari NIK, nama Lengkap pemilih serta tanggal lahir.

"Tiga data itu dibandingkan, kemudian ditelusuri 137 juta itu hasilnya ada 25 juta pemilih yang sama, yang ganda. Jadi ada 1 orang yang gandanya tiga, ada yang empat, ada yang sampe 14 gandanya," jelasnya.

Adapun KPU dalam mendata pemilih berproses dari bawah. Kata Pipin, pihaknya memproses DPS menggunakan aplikasi, lalu memasukan data tersebut kedalam server hingga menemukan ada titik kegandaan dari 137 juta data tersebut.

"Kami butuh waktu 2 minggu untuk menganalisis data itu," pungkasnya. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #data-pemilih-ganda #pemilu-2019 #partai-gerindra 

Berita Terkait

IKLAN