Nasional

DKPP Gelar Pertemuan KPU - Bawaslu Bahas Polemik Bekas Koruptor Nyaleg

Redaktur: Redjo Prahananda
DKPP Gelar Pertemuan KPU - Bawaslu Bahas Polemik Bekas Koruptor Nyaleg - Nasional

Pertemuan Tripatrit antara DKPP, Bawaslu dam KPU. Foto : Jaa Rizka Pradana / INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) bertindak selaku tuan rumah mempertemukan KPU dan Bawaslu. Pertemuan ini dalam rangka penyelesaian polemik beda pandangan aturan bekas koruptor nyaleg.

Pertemuan dihadiri oleh kedua pimpinan lembaga yakni Ketua Bawaslu Abhan, didampingi beberapa anggotanya, serta Ketua KPU Arief Budiman juga dengan beberapa anggotanya.

"Agenda hari ini terhadap persoalan yang dihadapi yakni soal eks-nara pidana korupsi nyaleg. Semoga nanti bisa menawarkan yang berguna, yang berhasil, yang baik," ujar Ketua DKPP Harjono di Kantor DKPP Thamrin Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Ia menegaskan, posisi DKPP tidak menilai benar atau salah kedua pandangan penyeleggara pemilu tersebut. "Sambil jalan baiknya sajalah," katanya.

Mekanisme yang dilakukan, kata Harjono, DKPP mendengar argumentasi dari kedua kubu lalu bermusyawarah menemukan solusi yang dapat diterima KPU dan Bawaslu. Judicial Review Mahkamah Agung mengenai PKPU 20/2018 tentang pencalegan juga akan dibahas.

Ia berharap, beda pandangan bisa selesai malam ini. "Kalau ketemu (solusi) malam ini bagus, ketemu poin-poinnya ya kita rumuskan poin poinnya," tukasnya. (jaa)

Baca Juga


Berita Terkait

Headline / KPU Berharap Seluruh Gugatan Pileg Ditolak

Headline / 380 Ahli Waris KPPS Belum Terima Santunan

Nasional / MK Dengar Jawaban KPU untuk 44 Perkara

Headline / KPU Sebut MK Tak Berwenang Adili Sengketa Suara Luar Negeri

Headline / Ubah Hasil Pemilu Dapil Jatim XI, KPU Terancam Pidana

Politik / Komisioner KPU: Putusan DKPP Bakal jadi Bahan Evaluasi KPU


Baca Juga !.