Kamis, 20 September 2018 05:49 WIB
pmk

Indobisnis

Perusahaan E-Commerce Ternama Dorong Revolusi Industri 4.0

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Perusahaan e-commerce ternama berkolaborasi dalam mengakomodasi permintaan belanja online di seluruh penjuru Indonesia melalui Festival 9.9 Super Shopping Day di smartphone. Festival 9.9 Super Shopping Day ditujukan untuk mendorong peningkatan nilai ekonomi digital dan revolusi industri 4.0 di lingkup nasional.

Jakarta, 4 September 2018 – Berbagai perusahaan e-commerce ternama di Indonesia di bawah Komite 9.9 Super Shopping Day meluncurkan festival belanja online 9.9 Super Shopping Day. Festival 9.9 Super Shopping Day ini didedikasikan secara khusus untuk memberikan pengalaman belanja online terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dalam rangka mempersiapkan Indonesia industri revolusi 4.0. Empat belas e-commerce ternama yang bergabung dalam festival 9.9 Super Shopping Day, termasuk diantaranya adalah Berrybenka, Bhinneka, e-mas, Fabelio, HappyFresh, Hijabenka, Honestbee, Jakmall, Lemonilo, ORORI, Ruparupa, Shopee, ShopBack, dan VIP Plaza akan memberikan penawaran promo terbesar pada puncak Festival 9.9 Super Shopping Day di tanggal 9 September 2018.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) merilis survei yang mengungkapkan bahwa sepanjang tahun 2017 jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 143,26 juta jiwa, dan sebanyak 15% dari total pengguna internet berada di daerah Indonesia Timur[1]. Studi Google dan Temasek juga menunjukkan jumlah pengguna belanja online di Indonesia diprediksi akan mencapai 119 juta pada tahun 2025 mendatang[2]. Data-data tersebut memperlihatkan pesatnya pertumbuhan belanja online hingga ke seluruh penjuru Indonesia. 

“Kita sedang membutuhkan sebanyak mungkin upaya kreatif untuk mendongkrak jumlah transaksi e-commerce di Tanah Air. Oleh sebab itu saya harap event seperti Festival Belanja Online 9.9 Super Shopping Day ini dapat lebih meningkatkan penetrasi pengguna yang merasakan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan berbelanja online. Pada event seperti ini, selain konsumen, pelaku perdagangan online --terutama UMKM-- juga harus didukung dan didorong untuk hadir di Internet. Penetrasi konsumen dan produsen yang sama-sama meningkat di Internet akan menjadi penopang kuat ekonomi berbasis digital Indonesia,” Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia menambahkan.

Gati Wibawaningsih, Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian Indonesia mengatakan, “Konektivitas memegang peranan penting untuk menuju Indonesia 4.0. Semakin tingginya jumlah pengguna internet dan penetrasi smartphone di Indonesia turut mempengaruhi potensi revolusi industri. Belanja online tentunya menjadi salah satu faktor pendorong utama seiring dengan perkembangan ekonomi digital melalui basis industri dan e-commerce. Kami harap Festival 9.9 Super Shopping Day dapat turut berkontribusi terhadap upaya pemerintah dalam mencapai target menuju Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara dan mencapai total nilai e-commerce sebesar USD130 miliar pada tahun 2020.”   

Masyarakat Indonesia beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan e-commerce.  Survei terbaru Katadata, “Driving e-Commerce Growth using Data Analysis” menemukan fakta menarik bahwa pengguna online shopping terbanyak tersebar di pulau Jawa, Sumatra, dan Sulawesi and Kalimantan[3]. Festival 9.9 Super Shopping Day hadir guna mengakomodasi permintaan konsumen belanja online yang terus mengalami peningkatan. Selain itu, Festival 9.9 Super Shopping Day dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam berbagai kategori bersama dengan 14 mitra e-commerce ternama di Indonesia di bawah Komite 9.9 Super Shopping Day.

“Sebagai salah satu pemain e-commerce di Indonesia kami merasa sangat bangga dapat menjadi bagian dari komite Festival 9.9 Super Shopping Day yang bertujuan memberikan pengalaman belanja online terbaik bagi seluruh pengguna belanja online yang tersebar di seluruh kota dan kabupaten Indonesia. Dengan jumlah kunjungan lebih dari 110 juta pengunjung ke aplikasi Shopee setiap bulannya, Shopee percaya dapat menyukseskan festival 9.9 Super Shopping Day bersama dengan mitra lainnya bagi pengguna kami,” jelas Radityo Triatmojo, Head of Government Relations Shopee Indonesia. 

Indra Yonathan, Country General Manager ShopBack mengatakan, "Berdasarkan data internal kami, transaksi e-commerce memang selalu meningkat pesat di akhir tahun. Periode September hingga Desember memang menjadi momentum bagi e-commerce dimana jumlah transaksi meningkat tajam. Sebagai platform yang mendorong masyarakat belanja online secara cermat dan hemat, serta bekerja sama dengan ratusan e-commerce, ShopBack menyambut baik Festival 9.9 Super Shopping Day sebagai salah satu hari dimana transaksi paling banyak terjadi sepanjang tahun. ShopBack pun berharap para pemain e-commerce dapat bersama-sama berkontribusi pada pertumbuhan e-commerce di Indonesia."

Selain berkolaborasi dengan empat belas e-commerce ternama, Festival 9.9 Super Shopping Day menjalin kerjasama strategis dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk untuk memberikan kemudahan pembayaran bagi seluruh pengguna belanja online yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Kehadiran Festival 9.9 Super Shopping Day tidak hanya berfokus memberikan pengalaman belanja online terbaik bagi pengguna, tetapi juga memenuhi kebutuhan belanja masyarakat Indonesia di daerah tertinggal, terdepan, terluar yang sesuai dengan preferensi mereka. (adl) 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #revolusi-industri-40 

Berita Terkait

IKLAN