Selasa, 13 November 2018 12:11 WIB
pmk

Liga Indonesia

Persebaya Siapkan Formasi Tanpa Irfan Jaya

Redaktur:

TARGET TINGGI - Winger Persebaya Irfan Jaya melakukan selebrasi usai menjebol gawang Borneo FC di Stadion Segiri, Samarinda (11/5). ANGGER BONDAN/JAWA POS

INDOPOS.CO.ID - Djadjang Nurjaman memang baru dua kali memimpin latihan rutin skuad Persebaya Surabaya. Tapi, manajemen Green Force -julukan Persebaya- sudah menaruh harapan tinggi pada pelatih asal Majalengka itu.

Djanur -sapaan Djadjang- diharapkan mampu membawa Persebaya kembali berjaya. "Target tetap yang terbaik. Kalau bisa juara, ya (kami ingin) juara. Sebab secara matematis kan peluang (juara) masih memungkinkan," kata Manajer Persebaya Candra Wahyudi.

Secara hitung-hitungan, peluang Persebaya meraih gelar belum sepenuhnya tertutup. Saat ini, Green Force memang berada di papan bawah. Mereka terpaku di posisi ke-13 dengan torehan 25 poin. Terpaut 10 poin dari Persib Bandung yang ada di puncak klasemen.

Dengan sisa 14 laga, memang masih sangat mungkin bagi Persebaya mengejar Persib. Tapi, hal itu jelas bukan perkara gampang. Manajemen harus ingat fakta bahwa prestasi Djanur musim ini cukup buruk. Di bawah kendalinya, PSMS Medan terperosok di dasar klasemen Liga 1.

Dari 15 laga, Djanur hanya mampu lima kali meraih kemenangan. Sepuluh laga sisanya selalu kalah. Kebobolan 28 gol dan hanya mencetak 15 gol saja. Prestasi yang akhirnya membuat Djanur terdepak dari posisi pelatih Ayam Kinantan tepat di pekan ke-15.

Djanur memang punya target tinggi. Tapi, belum pernah menyinggung soal kans menjadi juara. Mantan pelatih Persib itu memilih fokus untuk persiapan laga terdekat kontra PS Tira (11/9). Dalam latihan rutin di lapangan Jenggolo, Sidoarjo, kemarin, dia sudah mulai fokus memberi latihan taktikal.

Djanur enggan membuang waktu. Sebab, dia hanya punya sisa empat hari lagi untuk mempersiapkan tim. "Saya memang punya waktu yang singkat. Tapi, tim ini kan sudah jalan sebelum saya datang. Saya pikir tidak ada masalah," kata Djanur.

Dalam latihan kemarin, Djanur kembali menjajal formasi kala Persebaya membenamkan PSBI Blitar 14-0 (2/(). Bedanya, gelandang bertahan yang sebelumnya diisi OK John, dipercayakan kepada M Hidayat. Sementara posisi winger kanan yang sebelumnya ditempati Oktafianus Fernando diberikan kepada Ferinando Pahabol.

"Kompetisi sudah jalan. Saya tak mau mengubah banyak (komposisi tim)," terang pelatih kelahiran 30 Oktober 1964 itu. Sejatinya, masih ada Irfan Jaya di posisi winger. Tapi, Irfan dipastikan absen dalam laga kontra PS Tira. Pemain terbaik Liga 2 musim lalu itu masuk dalam skuad Timnas melawan Mauritius (11/9).

"Sebenarnya ini cukup dilematis. Karena tim butuh tenaga dia (Irfan), tapi demi kepentingan negara, kami tidak akan menghalang-halangi,” tegas Djanur. Karena itu, dia sudah menyiapkan opsi. Pasangan Osvaldo Haay dan Pahabol kemungkinan besar turun. "Saya pikir mereka bisa mengisi kekosongan yang ditinggalkan Irfan," tambahnya.

Meski dipastikan tanpa Irfan, tapi Green Force sudah bisa diperkuat Misbakus Solikin. Dia sudah bergabung dalam latihan rutin kemarin. Sebelumnya, Mis -sapaan Misbakus- absen dalam laga kontra PSBI karena melepas masa lajang. "Senang bisa kembali latihan. Apalagi dengan pelatih baru. Saya ingin merebut posisi inti dan membantu mengatrol posisi di klasemen," terang Mis. (gus/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #persebaya-surabaya 

Berita Terkait

Hajar Barito Putera, Persija Lebih Pede ke GBT

Liga Indonesia

Ke Jayapura, Kondisi Lawan Persebaya Lebih Bugar

Liga Indonesia

OK John Fit, Lini Belakang Persebaya Nyaris Sempurna

Liga Indonesia

Persebaya Beri Isyarat Turunkan Lagi Osvaldo Haay

Liga Indonesia

Cedera, Musim Maitimo Berakhir

Indosport

IKLAN