Selasa, 25 September 2018 04:43 WIB
pmk

Total Sport

Ajang Pembuktian M Fadli

Redaktur:

M Fadli. Foto: Bambang/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID – Siapa tak kenal  M Fadli, mantan pebalap motor yang malang melintang di kelas Supersport 600 cc. Dia kini tercatat sebagai salah satu atlet yang tengah dipersiapkan mengikuti ajang Asian Para Games 2018 1-13 Oktober mendatang.

Ya, semenjak mengalami kecelakaan tragis dua tahun lalu yang membuat kaki kirinya diamputasi dari lutut ke bawah. Saat ini, ia harus menggunakan kaki palsu dalam menjalani kehidupan sehari-hari. 

Meski demikian, ia tidak patah arang. Setelah memutuskan pensiun dari balap motor, Fadli memutuskan banting setir sebagai pebalap sepeda. Pria yang dulunya akrab dengan nomor 43 itu bahkan untuk pertama kali, mewakili Indonesia pada Kejuaraan Para-Cycling Asia, di Bahrain.

"Ini awal saya menjadi atlet penyandang disabilitas. Meski, awalnya saya sempat kagok juga beradaptasi dari balap motor ke balap sepeda. Tapi, inilah jalan hidup saya sekarang,"  katannya di  sela-sela persiapannya menghadapi ajang penyandang disabilitas Asian Para Games 2018 mendatang,  kemarin.

Setelah tampil di Bahrain, Fadli kemudian dipercaya untuk tampil di ajang SEA Para Games di Malaysia tahun lalu. Hasilnya, ia meraih medali perunggu di nomor andalannya, Individual Time Trial (ITT) kategori C4,  yang disebut sebagai salah satu nomor bergengsi di event paracycling.

Sebagai pendatang baru, Fadli tidak mematok target tinggi mengingat selama ini olahraga tersebut hanya dilakoninya masih sangat baru.

"Target pribadi sih harus menjadi yang terbaik. Tapi saya tak mau muluk-muluk. Di ajang nanti saya akan mendapat saingan dari pebalap China dan Iran. Mereka sudah lama mempersiapkan diri. Sedangkan, persiapan saya baru awal Januari lalu," ungkapnya.

Untuk mematangkan kemampuannya, ia mengaku berlatih secara intensif selama di bawah pengawasan Puspita Mustika Adya. "Saya mengerti ini bukan hal yang mudah. Maka, saya tidak memasang target yang muluk-muluk. Yang terpenting, saya sudah berlatih keras dan saya pikir hasil akan mengikuti,” ujar Fadli.

Fadli sebelumnya dikenal sebagai raja road race Indonesia. Sederet prestasi sempat ditorehkan pria bernama lengkap Mohammad Fadli Imammuddin tersebut. Di kelas supersport 600 cc, M Fadli juga ditakuti. Fadli bahkan pernah menjuarai balapan Asia Road Racing Championship (ARRC) seri ke-2 di Sirkuit Sentul, Bogor, 2015 lalu.

"Mungkin ini sudah menjadi jalan hidup saya. Justru, setelah kecelakaan yang menimpa saya tetap ada banyak jalan keluar bagi saya untuk tetap menjadi seorang atlet," paparnya. (bam)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #m-fadli #asian-para-games-2018 

Berita Terkait

David Jacob Incar Emas Asian Para Games 

Total Sport

IKLAN