Senin, 19 November 2018 02:03 WIB
pmk

Nasional

Mahfud MD Tak Sepakat Cara KPU Larang Bekas Koruptor Nyaleg

Redaktur:

Mantan Ketua MK, Mahfud MD. Foto : Dok. INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD sangat setuju bila mantan narapidana korupsi tidak diperkenankan menjadi calon legislatif (caleg) dalam Pemilu.

Namun, ia tidak sejalan dengan sudut pandang Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menegaskan ketentuan larangan koruptor nyaleg melalui Peraturan KPU (PKPU).

"(PKPU 1) Saya setuju mantan napi korupsi tdk boleh jadi caleg agar pemilu berkualitas dan berintegritas," kata Mahfud melalui akun twitternya, @mohmahfudmd pada Jumat (7/9/2018).

"Tapi sy tdk setuju pelarangan itu ditentukan oleh KPU sebab sesuai Psl 28J (2) UUD 1945 pembatasan HAM itu hanya bisa dituangkan di dalam UU, bukan di dalam PKPU," lanjutnya.

Sebagaimana diketahui, KPU telah menerbitkan PKPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota Legislatif. Aturan ini di antaranya mengatur ketentuan tentang larangan nyaleg bagi mantan napi korupsi, narkoba dan kejahatan seksual anak.

Aturan ini sendiri menjadi polemik lantaran menimbulkan perdebatan antara KPU dengan Bawaslu. Sebelumnya, banyak pihak yang menyebut aturan ini menyalahi UU Pemilu.

"(PKPU 2) Masalahnya, sekarang ini KPU sdh membuat PKPU ttg itu dan PKPU tsb sdh diundangkan oleh Kemenkum-HAM. Jadi PKPU itu resmi berlaku dan mengikat scr hukum. Diundangkan itu artinya diberlakukan scr resmi dan semua orang dianggap tahu dan terikat," sambung Mahfud MD.

Ahli hukum tata negara ini berpendapat, jika PKPU 20/2018 telah diundangkan, maka tak ada satu pun instansi yang dapat mencabut aturan tersebut, termasuk DPR dan Bawaslu.

"(PKPU 3) PKPU yang sdh diundangkan scr sah hanya bisa dicabut oleh KPU sendiri (institutional review) atau dibatalkan oleh MA (melalui judicial review)," pungkasnya. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #mantan-korupstor-nyaleg #mahfud-md #kpu #pemilu-2019 

Berita Terkait

DPT Luar Negeri Berpotensi Ganda

Nasional

KPU Perpanjang 30 Hari untuk Sempurnakan Data DPT

Politik

Pemilih Tak Beridentitas Capai 476.928 orang

Headline

Pemilih Tak Beridentitas Capai 476.928 orang

Headline

DPT Sementara Capai 141,4 juta

Headline

IKLAN